Apple Dituding Eksploitasi Developer Kecil

Apple Dituding Eksploitasi Developer Kecil

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Jumat, 19 Mar 2021 21:42 WIB
Apple Watch
Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

Developer aplikasi FlickType menuding Apple mengeksploitasi developer kecil dengan membiarkan banyak aplikasi tiruan berkeliaran.

FlickType adalah aplikasi keyboard QWERTY untuk Apple Watch, dan menurut Kosta Eleftheriou -- developer-nya, Apple membiarkan aplikasi tiruan FlickType beredar di App Store.

Aplikasi tiruan tersebut menurut Eleftheriou fungsinya tidak sebaik FlickType, bahkan di beberapa kasus, sama sekali tidak berfungsi. Namun aplikasi tiruannya dibiarkan berkeliaran, bahkan popularitasnya meroket karena memanfaatkan iklan dan ulasan palsu.

Alhasil pemasukan FlickType, menurut Eleftheriou, malah menurun, juga peringkatnya di App Store yang kalah dibanding aplikasi tiruan. Menurutnya Apple memang sudah mulai merazia aplikasi palsu, namun usaha tersebut dianggap masih kurang.

Kini Eleftheriou pun bergabung dengan sejumlah politisi, konsumen, perusahaan teknologi, dan pihak lain, yang menuding Apple melakukan monopoli lewat App Store, yang didesain untuk 'memeras' konsumen agar membayar lebih mahal untuk aplikasi.

Eleftheriou pun mengaku pernah didekati Randy Marsden, Head of Mobile Keyboard Technology di Apple, yang mau mengakuisisi FlickType, agar bisa dimasukkan dalam QWERTY native untuk Apple Watch.

Namun tawaran tersebut ditolak oleh Eleftheriou, dan Marsden kemudian membuat Swype. Tak cuma itu, Apple pun kemudian menolak untuk menghapus aplikasi tiruan dan penipuan dari App Store.

Dalam gugatannya, Eleftheriou menuding Apple menganggap ia bakal menyerah dan menjual FlickType dengan harga murah jika aplikasi tiruannya dibiarkan berkeliaran. Bahkan Apple pun sempat ditendang dari App Store dan menolak varian lain dari FlickType yang punya fitur tambahan.

Dalam nota penolakan Apple, FlickType dianggap mengubah Apple Watch menjadi sebuah keyboard, sesuatu yang bukan menjadi tujuan awal dibuatnya Apple Watch, demikian dikutip detikINET dari Phone Arena, Jumat (19/3/2021).

Pada waktu bersamaan, Apple mengizinkan aplikasi bernama Shift Keyboard dirilis di App Store. Akhirnya setelah beberapa bulan bernegosiasi, FlickType diizinkan kembali hadir di App Store. Namun dalam rentang waktu tersebut Apple dianggap merugikan FlickType.

FlickType sendiri sebenarnya sempat menjadi aplikasi berbayar paling populer di App Store, dengan pemasukan mencapai USD 130 ribu pada bulan pertamanya. Namun popularitasnya terus merosot karena banyak aplikasi tiruannya di App Store, dan aplikasi-aplikasi tersebut menggunakan cara curang untuk mengalahkan popularitas FlickType.

"Apple tidak melakukan apa pun mengenai hal ini selain membuat peraturan yang melarang kompetisi tidak adil seperti ini," tulis Eleftheriou dalam gugatannya.

Eleftheriou adalah developer veteran untuk aplikasi keyboard. Sebelumnya ia terlibat dalam pembuatan keyboard Fleyksy, yang tercatat sebagai keyboard untuk pengetikan tercepat di layar sentuh.

Tim pengembang Fleksy kemudian dijual ke Pinterest, namun Eleftheriou tak ikut di dalamnya. Ia menolak untuk pindah dan tak mendapat kompensasi senilai jutaan dolar, dan memilih untuk mengembangkan keyboard Apple Watch yang pertama.



Simak Video "CEO Apple Apresiasi Wisudawan 'Apple Developer Academy' Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)