Tingkatkan Keamanan, Microsoft Teams Dukung Enkripsi End-to-End

Tingkatkan Keamanan, Microsoft Teams Dukung Enkripsi End-to-End

Josina - detikInet
Minggu, 07 Mar 2021 12:10 WIB
Microsoft Teams
Microsoft Teams Punya Dukungan Enkripsi End-to-End. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

Microsoft akhirnya menambahkan dukungan enkripsi end-to-end ke Teams pada akhir tahun ini. Preview awal enkripsi end-to-end di Microsoft Teams ini akan tersedia di paruh pertama tahun 2021, namun hanya ditujukan untuk pelanggan berbayar.

Preview awal ini juga masih dibatasi pada panggilan tak terjadwal 1:1 dan Microsoft juga tengah berencana akan memperluasnya ke panggilan terjadwal dan rapat online-nya.

Dilansir detiKINET dari The Verge, fitur keamanan enkripsi end-to-end ini dapat bermanfaat untuk melindungi percakapan yang dinilai sensitif pada karyawan, misal saja saat karyawan tengah berdiskusi dengan tim IT yang memberikan kata sandi rahasia.

Saat ini, Microsoft Teams tidak mendukung enkripsi end-to-end untuk rapat. Data dienkripsi saat transit dan saat waktu istirahat dan ini memungkinkan layanan resmi mendekripsi konten untuk tujuan catatan penyimpanan data.

Microsoft saat ini menggunakan enkripsi SharePoint untuk mengamankan file at-rest dan enkripsi OneNote untuk catatan yang disimpan di Microsoft Teams. Semua konten obrolan di Teams juga dienkripsi saat transit dan saat istirahat.

Pesaing utama Microsoft Teams, Slack, juga tidak menggunakan enkripsi end-to-end. Lalu Zoom mulai menerapkan fitur keamanan enkripsi end-to-end pada bulan Oktober dan secara bertahap akan menambahkan lebih banyak fitur ke previewnya.



Simak Video "Microsoft Berniat Caplok Aplikasi Discord "
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/rns)