Google Photos Bakal Terintegrasi ke Chrome OS

Google Photos Bakal Terintegrasi ke Chrome OS

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Rabu, 17 Feb 2021 21:37 WIB
BERLIN, GERMANY - MARCH 03:  In this photo illustration several apps of Google are displayed on a smartphone on March 3, 2018 in Berlin, Germany. The left-wing organizers of the event cited Googles profit-oriented mass collection of personal data about people as well as the gentrification locals fear will accelerate should the Google Campus open. Google is reportedly planning to open a Google Campus, which is meant to create a venue for startups and technological exchange, this summer in a building that once housed an electric relay station in the heart of Kreuzberg.  (Photo by Carsten Koall/Getty Images)
Foto: Getty Images
Jakarta -

Google disebut bakal mengintegrasikan layanan Photos ke dalam Chrome OS, yaitu pengguna bisa mengakses foto yang tersimpan di Photos langsung dari file manager di perangkatnya.

Informasi ini diketahui dari perubahan di Chromium Gerrit yang ditemukan oleh Android Police. Dari perubahan tersebut terlihat kalau tim pengembang Google sudah memulai perubahan untuk integrasi tersebut.

Fitur semacam ini serupa dengan yang dilakukan oleh Apple. Yaitu pengguna iPhone dan MacBook (dan membackup foto di iCloud) bisa mengakses langsung foto yang diambil di iPhone lewat file manager dan tanpa perlu menggunakan browser di MacBook-nya.

Saat ini, pengguna Google Photos harus mendownload fotonya terlebih dahulu jika mau digunakan di perangkatnya, baik itu Chrome OS, Windows, macOS, dan lainnya.

'Pinjam meminjam' fitur ini hal lazim di dunia teknologi. Seperti Apple yang membolehkan aplikasi iOS bisa berjalan di Mac dengan Apple Silicon. Sebelumnya, Google sudah membolehkan aplikasi Android berjalan di perangkat Chrome OS.

Google Photos sendiri sejauh ini adalah layanan cloud storage untuk foto yang paling menarik. Karena menawarkan storage gratis tanpa batas untuk foto yang sedikit terkompres.

Namun mulai 1 Juni 2021 mendatang, pengguna hanya punya kapasitas gratis sebanyak 15GB. Langkah ini diambil Google untuk mendorong penggunanya menggunakan layanan Google One, yaitu cloud storage berbayar mereka.

Jadi setelah tanggal 1 Juni 2021 setiap foto dan video baru yang diunggah ke Google Photos akan dihitung dalam penyimpanan default 15GB yang pengguna akan dapatkan setiap akun Google baru.

Untungnya untuk foto yang sudah masuk ke Photos sebelum 1 Juni 2021 tak akan dihitung dalam kapasitas 15GB tersebut, alias terpisah.



Simak Video "Google Photos Tak Gratis Lagi Mulai Besok, Apa Efeknya?"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)