Fakta Clubhouse, Aplikasi untuk Orang Terpilih Salah Satunya Elon Musk

Fakta Clubhouse, Aplikasi untuk Orang Terpilih Salah Satunya Elon Musk

Aisyah Kamaliah - detikInet
Senin, 08 Feb 2021 15:32 WIB
Clubhouse
Fakta terkait Clubhouse, aplikasi yang dimiliki Elon Musk. Foto: Hypebae
Jakarta -

Clubhouse bisa dibilang aplikasi elit yang dipakai orang terpilih, salah satu penggunanya adalah Elon Musk sang bos SpaceX dan Tesla.

Dikutip detikINET dari The Guardian, ini dia fakta-fakta menarik seputar aplikasi Clubhouse. Omong-omong, apakah ada salah satu di antara kalian yang sudah memiliki aplikasi ini?

1. Apa itu Clubhouse?

Clubhouse adalah aplikasi jejaring sosial berdasarkan audio-chat. Pengguna dapat mendengarkan percakapan, wawancara, dan diskusi antara orang-orang tentang berbagai topik. Ini seperti mendengarkan podcast tetapi secara langsung.

Yang menarik, Clubhouse hanya untuk undangan. Kamu tidak bisa men-downloadnya dari App Store dan membuat akun. Sama seperti klub eksklusif, kamu harus diundang untuk bergabung dengan anggota yang sudah ada.

Saat bergabung, kamu bisa memilih topik yang menarik, seperti teknologi, buku, bisnis, atau kesehatan. Semakin banyak informasi yang kamu berikan kepada aplikasi tentang minatmu, semakin banyak ruang percakapan dan individu yang direkomendasikan aplikasi untuk kamu ikuti.

2. Apa yang Elon Musk lakukan di dalamnya?

Clubhouse sudah ada sejak Maret 2020, ketika diluncurkan oleh pengusaha Silicon Valley, Paul Davidson dan Rohan Seth. Pada Mei 2020, itu hanya memiliki 1.500 pengguna, dan bernilai USD 100 juta.

Tapi kemudian Clubhouse menjadi semakin terkenal ketika Elon Musk menyelenggarakan obrolan audio di Clubhouse dengan CEO Robinhood Vlad Tenev. Acara tersebut memaksimalkan batas ruang percakapan aplikasi dan dialirkan secara langsung ke YouTube. Ini membantu mendorong Clubhouse ke puncak tangga startup dan memicu perebutan undangan.

Per 1 Februari 2021, Clubhouse memiliki 2 juta pengguna. Clubhouse telah mengumumkan fitur-fitur baru yang akan datang, seperti tip, tiket, atau langganan, untuk membayar kreator secara langsung di aplikasi. Setelah mengumpulkan dana baru sejak diluncurkan, Clubhouse kini bernilai USD 1 miliar, dan dianggap sebagai startup Unicorn seperti AirBnb, Uber, dan SpaceX.

3. Mengapa Clubhouse sangat populer di China?

Situs e-commerce di China menawarkan kesempatan kepada pengguna Clubhouse yang berharap untuk membeli undangan. Platform seperti Xianyu dan Taobao, kode undangan dijual dengan harga antara 150 - 400 yuan.

Dengan sensor dan kontrol pemerintah yang tersebar luas di China, Clubhouse belum diblokir oleh firewall China, seperti jaringan media sosial lainnya, Instagram dan Facebook.

Quartz melaporkan bahwa pengguna China, sebagian besar investor dan profesional teknologi. Mereka menggunakan ruang untuk berbicara tentang topik yang bebas seperti demokrasi.



Simak Video "Membaca Dampak yang Timbul Usai Elon Musk Investasi ke Bitcoin"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/ask)