Telegram Jadi Aplikasi Paling Banyak Didownload Seluruh Dunia

Telegram Jadi Aplikasi Paling Banyak Didownload Seluruh Dunia

Rachmatunnisa - detikInet
Minggu, 07 Feb 2021 20:40 WIB
LONDON, ENGLAND - MAY 25:  A close-up view of the Telegram messaging app is seen on a smart phone on May 25, 2017 in London, England. Telegram, an encrypted messaging app, has been used as a secure communications tool by Islamic State. (Photo by Carl Court/Getty Images)
Foto: Carl Court/Getty Images
Jakarta -

Didorong oleh lonjakan angka pengguna baru di tengah kontroversi kebijakan privasi baru WhatsApp, Telegram menjadi aplikasi non-game yang paling banyak diunduh di seluruh dunia pada Januari 2021.

Firma riset aplikasi mobile Sensor Tower mencatat, ada lebih dari 63 juta unduhan di Januari. Angka ini 3,8 kali lipat angka download di bulan yang sama tahun lalu.

Dikutip dari Business Insider, India menjadi negara dengan jumlah instal Telegram terbesar yakni 24%, diikuti oleh Indonesia sebesar 10%.

Telegram mencapai posisi teratas secara keseluruhan untuk unduhan aplikasi non-game di Google Play Store, bergerak dari posisi sebelumnya di urutan kesembilan di bulan Desember 2020.

Aplikasi ini juga masuk dalam daftar 10 aplikasi (non-game) yang paling banyak diunduh di App Store dan langsung merangsek ke posisi keempat.

Popularitas Telegram meningkat secara dramatis setelah WhatsApp mulai mengumumkan kebijakan privasi terbarunya. Nyatanya, kebijakan ini tidak disukai oleh sebagian besar pengguna yang memicu migrasi besar-besaran ke aplikasi chat lain, salah satunya Telegram.

Menghadapi reaksi keras dari sebagian penggunanya, terutama di India yang merupakan pasar terbesarnya, WhatsApp pun menangguhkan penerapan kebijakan privasi baru tersebut.



Simak Video "CEO Telegram Tuding Facebook Tebar Hoax untuk Jatuhkan Platform-nya"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/rns)