Kisah Engineer Tokopedia Kembangkan Aplikasi di iOS Mulai dari Nol

Kisah Engineer Tokopedia Kembangkan Aplikasi di iOS Mulai dari Nol

Jihaan Khoirunnisaa - detikInet
Senin, 25 Jan 2021 17:30 WIB
Tokopedia
Foto: Tokopedia
Jakarta -

Tidak mudah bagi sebuah aplikasi untuk bisa masuk ke App Store, mengingat banyak kaidah dan aturan yang harus dipatuhi. Apalagi jika kemudian aplikasi dianggap menjadi salah satu yang terbaik oleh pemilik platform, pembuat patut merasa bangga.

Inilah yang dialami oleh Tokopedia, di mana aplikasi Tokopedia untuk iOS berhasil ditampilkan di halaman depan App Store pada bulan Oktober 2020 silam. Prestasi Tokopedia tersebut tidak lepas dari peran talenta muda Indonesia, Tonito. Tonito merupakan seorang engineer di balik pengembangan aplikasi iOS Tokopedia, yang kini menjadi Head of Engineering Tokopedia.

Diakui Tonito untuk mengembangkan sebuah aplikasi iOS tidaklah mudah. Dia harus melewati banyak trial and errors serta perbaikan sebelum akhirnya aplikasi tersebut siap diluncurkan. Ditambah, Tonito sebelumnya tidak memiliki pengalaman dalam hal pengembangan aplikasi iOS, dan pengguna iOS di Indonesia pun belum banyak.

"Sama sekali nggak mengerti. Tapi dengan semangat #MulaiAjaDulu, saya melihat pentingnya mengambil tantangan yang ada di depan dan mewujudkannya. Saya juga bilang untuk tidak khawatir karena saya bisa belajar sambil melakukannya," ujar Tonito dalam keterangan tertulis, Senin (25/1/2021).

Setelah memakan waktu cukup lama, Tokopedia pun meluncurkan aplikasi mobile berbasis iOS pada pertengahan tahun 2015. Sejak saat itu, Tonito dan tim terus menciptakan berbagai inovasi digital guna mengikuti perkembangan inovasi Apple sebagai pemilik platform. Di tahun 2016, Tokopedia me-launching versi iPad dari aplikasi dan bekerja sama dengan menggaet Uber di tahun 2017, sehingga pengguna tak perlu mengunduh aplikasi terpisah untuk memesan layanan Uber.

Kemudian, Tonito beserta tim juga berkolaborasi dengan Apple Academy di tahun 2018 untuk membina talenta digital dalam hal penguasaan sistem iOS. Langkah ini diambil karena melihat sedikitnya jumlah iOS developer saat itu. Inisiatif tersebut rupanya membuahkan hasil yang membuat tim iOS Tokopedia dapat berkembang menjadi 40 orang pada tahun 2019.

Lebih lanjut, sejak akhir tahun 2020 lalu aplikasi iOS Tokopedia mulai tersedia di Apple Watch, sehingga masyarakat dapat mengakses Tokopedia dengan mudah langsung dari Apple Watch mereka, mulai dari mencari produk hingga mengecek notifikasi dan memantau status pembelian.

Selain itu, Tokopedia juga menghadirkan dukungan terhadap fitur unggulan dari iOS 14, yakni home screen widget, yang dikembangkan hanya dalam waktu 6 bulan. Kehadiran widget Tokopedia di iOS 14 ini menawarkan berbagai kemudahan bagi pengguna karena dapat memantau transaksi serta berkomunikasi dengan penjual dan pembeli tanpa harus membuka aplikasi Tokopedia.

"Kami selalu berusaha mengikuti inovasi dan perubahan yang dilakukan oleh iOS. Biasanya, kami menerima informasi dari iOS sebelum peluncuran dan mencoba menyempurnakan aplikasi kami untuk mendukung fitur baru yang akan dirilis, " jelasnya.

Di sisi lain, Tonito juga optimis terhadap perkembangan industri teknologi di Indonesia, dengan melihat banyaknya perusahaan teknologi dan startup yang berkembang pesat. Namun menurutnya, jumlah talenta digital di Indonesia masih tertinggal jauh untuk memenuhi kebutuhan industri tersebut.

Tidak jarang pula ia melihat developer muda yang meragukan kemampuannya sebagai seorang iOS developer karena berbagai alasan, seperti ketidaktersediaannya perangkat untuk bereksperimen. Padahal, ia menilai bahwa hal tersebut sejatinya bukanlah hal yang perlu dikhawatirkan.

"Di Tokopedia, kami selalu menyediakan perangkat terbaru dan mendukung mereka dengan pelatihan dan lokakarya untuk mengembangkan keterampilan mereka. Selama mereka memiliki dasar yang kuat dalam beberapa keterampilan umum yang dibutuhkan, mereka selalu bisa belajar sambil bekerja di sini," pungkasnya.

Tonito berharap agar Indonesia dapat memiliki lebih banyak talenta digital untuk membantu mempercepat pertumbuhan industri teknologi Tanah Air.

(akd/fay)