Facebook Ajak Netizen Ikut Pilkada 2020

Facebook Ajak Netizen Ikut Pilkada 2020

Fitraya Ramadhanny - detikInet
Rabu, 09 Des 2020 08:08 WIB
Facebook Pilkada 2020
Foto: (Screenshot Facebook)
Jakarta -

Pilkada 2020 digelar di berbagai kota dan sejumlah provinsi di Indonesia. Facebook pun tidak ketinggalan ikut mengajak netizen datang ke TPS di daerah masing-masing.

Seperti dipantau detikINET, Rabu (9/12/2020) Facebook hari ini membuat notifikasi khusus untuk para penggunanya. Jika membuka Facebook dari aplikasi, akan tampak pemberitahuan It's Election Day di bagian atas, yang akan langsung terlihat oleh para penggunanya.

"Cari tahu pilkada di daerahmu dan bagikan bahwa kamu sudah memilih," kata Facebook dalam notifikasi khusus tersebut.

Ada gambar dua tangan memasukkan kertas suara ke kotak suara, dalam latar warna ungu. Di bagian bawah ada counter jumlah orang Indonesia pengguna Facebook yang sudah share telah mencoblos di tempat mereka masing-masing.

Facebook Pilkada 2020Facebook ajak netizen ikut Pilkada 2020 (Foto: Screenshot Facebook)

Di paling bawah ada tombol Share You Voted. Pengguna yang sudah mencoblos bisa klik tombol itu untuk memberi tahu sudah mencoblos. Hingga pukul 07.30 WIB, sudah ada 37.946 pengguna Facebook yang sudah mencoblos. Jumlahnya tentu akan bertambah terus sepanjang hari ini.

Seperti diketahui, Pilkada 9 Desember 2020 digelar di 9 provinsi, 37 kota dan 224 kabupaten di seluruh Indonesia. Pilkada 2020 akan dilaksanakan secara serentak mulai dari pukul 07.00-13.00 WIB.

Pemilihan kali ini digelar secara berbeda lantaran dilaksanakan di tengah pandemi virus Corona. Seluruh daerah pelaksana diwajibkan untuk menerapkan protokol kesehatan untuk pelaksanaan Pilkada 2020. Protokol itu antara lain baik pemilih dan panitia memakai masker. Undangan ke TPS pun dibagi-bagi sesuai jam untuk menghindari terlalu banyak kerumunan orang.

"Pemilihan Serentak Lanjutan dilaksanakan dengan protokol kesehatan pencegahan dan pengendalian Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) dengan memperhatikan kesehatan dan keselamatan," tulis PKPU.



Simak Video "Keren! Ada TPS Bertemakan Anti Korupsi di Solo"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/afr)