Google Hangouts Tidak Lagi Dukung Video Call Grup

Google Hangouts Tidak Lagi Dukung Video Call Grup

Virgina Maulita Putri - detikInet
Kamis, 26 Nov 2020 21:45 WIB
Google Hangouts
Google Hangouts Tidak Lagi Dukung Video Call Grup Foto: istimewa
Jakarta -

Google Hangouts menghentikan dukungan untuk group video call atau panggilan video grup. Kebijakan baru ini merupakan bagian dari akan dimatikannya layanan Hangouts oleh Google.

Seperti diketahui, Google akan mematikan Hangouts pada tahun depan untuk digantikan dengan aplikasi Chat yang akan digratiskan untuk publik. Google mulai memindahkan pengguna Hangouts ke Chat dan Meet, serta perlahan menghentikan dukungan untuk beberapa layanan Hangouts.

Dikutip detikINET dari Android Police, Kamis (26/11/2020) ketika membuka aplikasi Hangouts versi 36.0.340725045, kalian akan melihat banner di bagian atas aplikasi yang mengatakan "Video call di Hangouts sekarang menggunakan Google Meet. Itu memberikan kalian live captions, screen sharing, dan lain-lain."

Saat mencoba untuk melakukan panggilan video di grup menggunakan tombol yang ada, Hangouts akan langsung menempelkan tautan panggilan video Meet di kotak dialog yang ada secara otomatis.

Tampilan baru Google HangoutsTampilan baru Google Hangouts Foto: Android Police

Untungnya panggilan video one-on-one masih bisa dilakukan di Hangouts. Tapi tampilannya sedikit berbeda karena ada opsi untuk membagikan tautan panggilan video Meet selain opsi standar untuk melakukan panggilan video dan suara.

Panggilan video di Chat dibatasi 10 orang untuk pengguna gratis, dan 25 orang untuk pengguna berbayar lewat layanan Workspace. Padahal Hangouts menawarkan panggilan video dengan 25 orang untuk semua pengguna, jadi ini merupakan downgrade yang cukup signifikan.

Jika ingin menggunakan layanan Google selain Meet untuk melakukan panggilan video dengan lebih dari 10 orang dan gratis, kalian bisa mencoba Google Duo yang menawarkan panggilan video dengan 32 orang. Tapi jangan terlalu kerasan karena aplikasi ini juga akan dimatikan oleh Google.



Simak Video "Batal Dibatasi 1 Jam, Video Call Google Meet Masih Gratis 24 Jam"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)