Desain Instagram Dipermak dengan Tombol Reels dan Shop

Desain Instagram Dipermak dengan Tombol Reels dan Shop

Virgina Maulita Putri - detikInet
Jumat, 13 Nov 2020 11:50 WIB
Desain baru aplikasi Instagram
Instagram Permak Desain Aplikasinya dengan Tombol Reels dan Shop Foto: Instagram
Jakarta -

Instagram membawa perubahan besar di aplikasinya untuk pertama kalinya dalam beberapa tahun terakhir. Aplikasi milik Facebook ini baru saja mengubah desain aplikasi dan menambahkan tombol Reels dan Shop di beranda aplikasi.

Tombol Reels tentu saja digunakan untuk menjelajahi video pendek ala TikTok, sedangkan tombol Shop akan menampilkan rekomendasi belanja yang dipersonalisasi dan pilihan yang dikurasi oleh kanal @shop, seperti dikutip detikINET dari The Verge, Jumat (13/11/2020).

Tombol Reels dan Shop ditempatkan di bagian bawah aplikasi, dihimpit oleh tombol profil dan Explore. Keduanya menggantikan tombol Activity dan Create yang sekarang dipindah ke sudut kanan atas di sebelah tombol Direct.

"Kami tidak menganggap enteng perubahan ini - kami belum memperbarui beranda Instagram secara besar-besaran dalam waktu yang cukup lama," kata Head of Instagram Adam Mosseri dalam blog post.

"Kami sangat antusias dengan desain barunya dan yakin ini akan memberikan aplikasi penyegaran yang sangat dibutuhkan, sambil tetap setia pada inti kesederhanaan kami," sambungnya.

Selain dua tombol baru di atas, tombol Direct untuk berkirim DM juga mengalami perombakan minor. Jika sebelumnya tombol ini menggunakan ikon pesawat kertas, sekarang digantikan dengan tombol yang mirip seperti Facebook Messenger untuk menunjukkan DM Instagram kini telah terintegrasi dengan Facebook.

Instagram telah menguji coba desain baru aplikasi ini sejak bulan September lalu. Ada tiga layout yang dicoba tapi semuanya menonjolkan tombol Reels dan Shop di tengah layar.

Melihat komitmen Instagram yang langsung menempatkan tombol Reels di beranda aplikasi hanya beberapa bulan setelah fitur itu meluncur di Amerika Serikat menandakan Instagram akan fokus pada fitur kloningan TikTok tersebut.

Menariknya, IGTV yang merupakan fitur video panjang milik Instagram masih belum memiliki tombol khusus di beranda aplikasi. Pengguna masih harus menjelajahi tab Explore jika mereka ingin mencari video IGTV yang menarik.



Simak Video "Penjelasan Instagram di Balik Seringnya Gangguan Server"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fyk)