Tokopedia Kini Punya Widget Khusus di iOS 14

Tokopedia Kini Punya Widget Khusus di iOS 14

Virgina Maulita Putri - detikInet
Selasa, 27 Okt 2020 19:15 WIB
Tokopedia
Tokopedia Kini Punya Widget Khusus di iOS 14 (Foto: Tokopedia)
Jakarta -

Apple telah meluncurkan sistem operasi iOS 14 yang membawa banyak fitur baru. Tokopedia sebagai layanan yang mengedepankan inovasi pun langsung memanfaatkan fitur-fitur ini, salah satunya fitur widget.

Widget merupakan salah satu fitur baru iOS 14 yang memungkinkan aplikasi menampilkan informasi singkat di halaman depan ponsel. Head of Engineering Tokopedia Tonito mengatakan widget Tokopedia di iOS memiliki dua fungsi utama.

"Pertama memantau transaksi langsung dari homepage, kedua untuk berkomunikasi antara penjual dengan pembeli. Jadi kita bisa memantau transaksi tanpa membuka aplikasi Tokopedia," kata Tonito dalam media briefing virtual, Selasa (27/10/2020).

Selain widget di iOS 14, engineer Tokopedia juga mengembangkan banyak fitur baru untuk aplikasi di iPhone dalam beberapa waktu belakangan. Misalnya integrasi dengan Siri, mengisi ulang kartu elektronik menggunakan NFC dan mode gelap di aplikasi.

Bahkan Tokopedia juga memiliki aplikasi di Apple Watch. Meski ukurannya kecil karena kapasitas layar yang terbatas, Tonito mengatakan aplikasi ini tetap memiliki banyak fitur.

Lewat aplikasi ini, pengguna Tokopedia bisa mencari produk, memantau transaksi, serta mendapatkan notifikasi langsung di Apple Watch.

"Kita juga punya fitur untuk langsung buka di HP. Jadi nanti teman-teman misalnya lagi browsing di Apple Watch terus tertarik dengan produk tertentu langsung link ke HP dan bisa dilihat secara lebih detail," jelas Tonito.

Tonito mengatakan saat ini pengguna aplikasi Tokopedia di platform iOS memang lebih sedikit dibandingkan pengguna di Android. Bahkan perbandingannya bisa satu berbanding 10.

Tapi hal ini tidak menghentikan Tokopedia untuk terus membawa inovasi di aplikasi untuk iOS. Bahkan platform e-commerce ini mendapatkan kategori 'Great on iOS 14' dan ditampilkan di halaman depan App Store.

Ke depannya, Tonito mengatakan Tokopedia akan terus meningkatkan aplikasi Tokopedia di ekosistem Apple lainnya termasuk iPad dan speaker HomePod.

"Ke depannya kita ingin maksimalkan lagi use case antara Siri atau voice assistant lainnya. Misalnya nanti assistant kita juga lagi work on it supaya ke depan punya platform tersendiri supaya nggak cuma browsing-browsing di iPhone atau Android tapi bisa lewat Google Home atau Homepod dan lain sebagainya," pungkasnya.



Simak Video "Sistem Operasi iPhone 6s dan SE Dikabarkan Mentok di iOS 14"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)