Cerita Engineer Tokopedia Soal Rumitnya Masuk App Store

Cerita Engineer Tokopedia Soal Rumitnya Masuk App Store

Virgina Maulita Putri - detikInet
Selasa, 27 Okt 2020 18:15 WIB
e-Commerce Tokopedia
Cerita Engineer Tokopedia Soal Rumitnya Masuk App Store (Foto: detikINET/Agus Tri Haryanto)
Jakarta -

Apple dikenal sebagai perusahaan yang protektif terhadap ekosistemnya, termasuk App Store. Engineer Tokopedia pun mengaku agak sulit untuk mendaftarkan aplikasi dan update ke App Store.

Head of Engineering Tokopedia Tonito mengatakan mendaftarkan aplikasi di Android dan iOS memiliki sederet perbedaan. Salah satunya durasi review oleh moderator.

"Aplikasi Android ketika kita submit, review itu hanya membutuhkan waktu sekitar 3-5 jam untuk aplikasinya itu langsung update lalu bisa di-consume oleh publik," kata Tonito dalam virtual media briefing, Selasa (27/10/2020).

"Sedangkan App Store dia membutuhkan waktu sekitar 3-4 hari jadi mereka melakukan review untuk update-updatenya dilakukan secara manual. Itu lumayan tricky di situ," sambungnya.

Selain durasi review yang lebih lama, Tonito juga mengatakan App Store memiliki kebijakan yang membuat beberapa fitur Tokopedia tidak bisa digunakan dengan maksimal. Salah satunya kebijakan in-app purchase yang mengharuskan aplikasi untuk melakukan pembelian produk digital lewat Apple.

Hasil penjualan produk yang dijual lewat in-app purchase itu juga dikenai potongan yang cukup besar untuk Apple. Baru-baru ini kebijakan tersebut menjadi sorotan setelah Epic Games dan beberapa pengembang lainnya memprotesnya.

Tonito mengatakan kebijakan ketat ini membuat Tokopedia tidak bisa menawarkan produk digital seperti voucher game dan voucher layanan lainnya seperti Spotify.

"Di sini Apple tidak memperbolehkan kita menjual produk-produk digital tersebut karena mereka kan punya in-app purchase dan kita harus memakai itu dan kalau tidak salah potongannya sekitar 30% dan itu lumayan gede banget," pungkasnya.



Simak Video "BLACKPINK Dikonfirmasi Tampil di Tokopedia"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)