Google Matikan Aplikasi Pantau Lokasi Orang Tersayang

Google Matikan Aplikasi Pantau Lokasi Orang Tersayang

Josina - detikInet
Selasa, 20 Okt 2020 10:51 WIB
Ilustrasi Google, ilustrasi YouTube, dan ilustrasi Facebook
Google Matikan Aplikasi Pantau Lokasi Orang Tersayang (Foto: Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Google akan hentikan aplikasi berbagi lokasi Trusted Contacts pada bulan Desember 2020 dan telah menarik peredarannya di Google Play Store. Pengguna pun akan diarahkan untuk mencoba fitur serupa di Google meski dinilai kurang baik dibandingkan dengan Trusted Contacts.

Sebabnya dengan aplikasi Trusted Contacts memungkinkan pengguna dapat menemukan atau memantau anggota keluarga tersayang meskipun orang yang dipantau ini tidak memberikan lokasinya.

Tapi di Google Maps untuk dapat memantau lokasi seseorang mereka harus secara proaktif mengirimkan lokasinya kepada pengguna.

google trusted contactsgoogle trusted contacts Foto: Dok. Google

Dilansir detiKINET dari The Verge, Selasa (20/10/2020) Google Maps memiliki fitur berbagi lokasi secara real time sejak tahun 2017 dan pengguna harus ikut serta dalam pelacakan konstan, berbagi lokasi sendiri dengan orang lain sepanjang waktu, bukan hanya menyiarkannya kepada orang yang disayangi jika tidak merespons.

Pada aplikasi Trusted Contacts memungkinkan pengguna dapat menambahkan orang ke kontak yang ingin dibagikan lokasi secara instan jika mengalami keadaan darurat atau bahaya.

Jika muncul, kontak ini dapat meminta pembaruan status untuk mengetahui apakah Anda baik-baik saja. Anda dapat menanggapi dengan lokasi Anda untuk meyakinkan mereka.

Jika tidak merespons, aplikasi ini akan secara otomatis membagikan lokasi terakhir Anda yang diketahui sehingga mereka dapat meminta bantuan.

Aplikasi Trusted Contact dirilis pada tahun 2016. Google mengakhiri dukungan untuk aplikasi pada bulan Desember, tetapi pengguna masih dapat mengunduh kontak dari laman Trusted Contacts sampai aplikasi tersebut ditutup. Sampai saat itu, pengguna mungkin juga terbiasa dengan cara Google Maps tentang berbagi lokasi.



Simak Video "Hukuman Denda Rp 362 Miliar dari Turki untuk Google"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/jsn)