Spotify Mudahkan Cari Lagu Berdasarkan Lirik

Spotify Mudahkan Cari Lagu Berdasarkan Lirik

Virgina Maulita Putri - detikInet
Selasa, 06 Okt 2020 22:37 WIB
LOS ANGELES, CALIFORNIA - MARCH 26: Free Spirit and Spotify branding at Khalid Performs For His Biggest Spotify Fans To Celebrate His Forthcoming Album Free Spirit on March 26, 2019 in Los Angeles, California. (Photo by Matt Winkelmeyer/Getty Images for Spotify)
Spotify Mudahkan Cari Lagu Berdasarkan Lirik (Foto: Matt Winkelmeyer/Getty Images for Spotify)
Jakarta -

Kalian pengguna Spotify yang sering lupa judul lagu tapi selalu terngiang-ngiang liriknya? Jangan khawatir karena sekarang layanan streaming musik tersebut memiliki fitur untuk mencari lagu berdasarkan lirik.

Fitur terbaru ini diumumkan oleh seorang desainer Spotify bernama Lina lewat Twitter. Fitur ini tersedia untuk pengguna Spotify di Android dan iOS dan mulai digulirkan pada hari ini.

Cara kerja fitur ini cukup mudah, kalian cukup mengetik penggalan lirik di kolom pencarian Spotify dan lagu dengan lirik yang cocok akan muncul di hasil pencarian. Lagu yang mungkin sesuai dengan apa yang kalian cari akan memiliki tag 'Lyrics match'.

Dengan update terbaru ini, Spotify mencoba mengejar ketertinggalannya dengan Apple Music. Seperti diketahui, Apple Music pertama kali memperkenalkan fitur pencarian lagu menggunakan lirik pada tahun 2018 bersamaan dengan rilisnya iOS 12, seperti dikutip detikINET dari The Verge, Selasa (6/10/2020).

Fitur ini tentu berguna buat pengguna Spotify yang sering lupa judul lagu atau nama penyanyinya. Aplikasi pengenal musik seperti Shazam mungkin bisa membantu jika musik itu sedang dimainkan, tapi tidak begitu efektif jika kalian mencoba menyanyikan sedikit lirik ke ponsel.

Ini bukan satu-satunya fitur terkait lirik yang diluncurkan Spotify baru-baru ini. Pada bulan Juni lalu, perusahaan besutan Daniel Ek ini meluncurkan fitur lirik real-time yang disediakan oleh Musixmatch ke 26 negara.

Fitur tersebut juga dirilis untuk menyaingi Apple Music, yang menambahkan fitur lirik real-time bersamaan dengan diluncurkannya iOS 13 tahun lalu.



Simak Video "Langganan Netflix hingga Spotify Kena Pajak 10% Mulai 1 Agustus"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)