Google Meet Versi Gratis Akan Dibatasi 1 Jam per Hari

Google Meet Versi Gratis Akan Dibatasi 1 Jam per Hari

Virgina Maulita Putri - detikInet
Selasa, 22 Sep 2020 15:10 WIB
Google Meet
Google Meet Versi Gratis Akan Dibatasi 1 Jam per Hari Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

Google mulai menggratiskan layanan premium Google Meet sejak bulan Maret lalu. Tapi tidak lama lagi layanan premium ini akan dibatasi menjadi 1 jam per hari.

Saat ini, pengguna Google Meet bisa melakukan panggilan video konferensi hingga 24 jam dalam sehari dengan cuma-cuma. Tapi layanan ini hanya bisa diakses hingga 30 September 2020.

Dari situs resmi Google Meet, mulai 1 Oktober mendatang rapat online gratis di platform ini dibatasi menjadi 1 jam per hari. Sedangkan jumlah peserta rapat maksimum masih belum belum berubah yaitu 100 orang.

Untuk melakukan rapat online dengan durasi lebih panjang, pengguna harus mendaftar ke layanan G Suite Essential. Layanan ini memiliki biaya berlangganan sebesar USD 8 (Rp 118 ribuan) per bulan.

Google Meet versi gratis akan dibatasiPaket Google Meet Foto: Screenshot/detikINET

Pengguna yang mendaftar G Suite Essential akan mendapatkan kuota durasi rapat online Google Meet hingga 300 jam, dengan peserta rapat maksimal 150 orang. Selain itu, pengguna layanan ini juga bisa mengakses fitur Google lainnya seperti Drive, Document, Spreadsheet dan Slide.

G Suite Essential ini pertama kali dikenalkan bersamaan dengan diluncurkannya Google Meet untuk publik. Untuk yang belum mampu membayar, layanan ini bisa dicoba secara gratis lewat free trial.

Sebelum bisa diakses secara gratis, Google Meet memang merupakan layanan yang hanya bisa diakses oleh pengguna G Suite yang dikhususkan untuk enterprise atau pebisnis.

Tapi pandemi virus Corona mendorong Google untuk menyediakan aplikasi ini kepada publik. Apalagi di awal pandemi aplikasi konferensi video sedang ngetren, dan Google ingin menyaingi popularitas Zoom.

Seiring berjalannya waktu, Google Meet tidak hanya digunakan oleh pebisnis, tapi juga digunakan oleh guru dan murid yang harus belajar dari rumah.



Simak Video "Batal Dibatasi 1 Jam, Video Call Google Meet Masih Gratis 24 Jam"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)