WhatsApp Web Bakal Bisa Login Pakai Sidik Jari

WhatsApp Web Bakal Bisa Login Pakai Sidik Jari

Rachmatunnisa - detikInet
Jumat, 18 Sep 2020 06:43 WIB
SAN ANSELMO, CALIFORNIA - MAY 14: The WhatsApp messaging app is displayed on an Apple iPhone on May 14, 2019 in San Anselmo, California. Facebook owned messaging app WhatsApp announced a cybersecurity breach that makes users vulnerable to malicious spyware installation iPhone and Android smartphones. WhatsApp is encouraging its 1.5 billion users to update the app as soon as possible.  (Photo Illustration by Justin Sullivan/Getty Images)
Foto: Justin Sullivan/Getty Images
Jakarta -

Login WhatsApp di web atau desktop bakal bisa dengan satu sentuhan. Meski WhatsApp paling umum digunakan di ponsel, cukup banyak juga yang menggunakan WhatsApp Web sehingga fitur ini dipertimbangkan hadir di WhatsApp untuk desktop.

Untuk diketahui, karena chat di WhatsApp masih bergantung dengan nomor telepon, handset kita tetap harus ada di dekat laptop atau komputer untuk otentikasi sebelum dapat masuk ke WhatsApp Web.

Selama ini, metode otentikasi yang digunakan adalah dengan penggunaan kamera ponsel untuk memindai kode QR di layar agar bisa mengakses akun.

Meski metode menggunakan kode QR ini tidak terlalu rumit, kalian tetap harus melepaskan tangan dari mouse dan keyboard, mengambil ponsel, kemudian mencocokkan kodenya dengan lensa kamera.

Nah, kalau cara tersebut dirasa masih menjengkelkan, fitur login yang baru akan menjawab kerepotan ini. Berdasarkan bocoran terbaru dari WABetaInfo, dalam versi beta teranyar aplikasi WhatsApp untuk Android, ada fitur yang menunjukkan fungsi untuk login menggunakan sidik jari. Fungsi ini sebelumnya sudah ada di WhatsApp untuk smartphone.

Cara baru untuk masuk ke WhatsApp Web dan desktop ini memiliki beberapa keuntungan. Pertama, cara ini diklaim jauh lebih aman dan menghilangkan risiko dari tangan jahil menemukan ponsel dan masuk ke akun kalian. Kedua, metode ini jauh lebih cepat karena hanya dengan menyentuh ponsel saja. Lebih nyaman daripada harus mengambil ponsel dan mencocokkan kode QR dengan kamera.

Namun seperti biasa, bocoran dari WABetaInfo sulit diprediksi kapan fitur tersebut bisa dipakai semua pengguna WhatsApp Web. Atau bisa jadi, fungsi ini berhenti sebatas uji coba? Kita tunggu saja.



Simak Video "Uji Fitur Voice dan Video Call, WhatsApp Web Siap Saingi Zoom?"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/afr)