Google Fundo Media Bagi Kreator untuk Jumpa Fans VIrtual

Google Fundo Media Bagi Kreator untuk Jumpa Fans VIrtual

Josina - detikInet
Jumat, 11 Sep 2020 12:05 WIB
FILE PHOTO: An illuminated Google logo is seen inside an office building in Zurich September 5, 2018. REUTERS/Arnd WIegmann/File Photo
Foto: Arnd WIegmann/Reuters
Jakarta -

Google Fundo adalah sebuah layanan yang memungkinkan para kreator untuk mengadakan acara jumpa fans secara virtual dengan metode berbayar dengan tiket.

Fundo sendiri dikembangkan oleh tim Area 120 Google. Sebelumnya, layanan ini telah dilakukan pengujian terbatas oleh beberapa ratus penguji terpercaya. Kini Google Fundo sudah tersedia digunakan oleh semua orang.

Dilansir detiKINET dari The Verge, Fundo awalnya dimaksudkan sebagai layanan bergaya photo booth virtual. Dengan Fundo, para penggemar nanti dapat menunggu di saluran digital, mengobrol sebentar dengan seleb atau kreator, dan mendapatkan foto dengan mereka seperti halnya jumpa fans di kehidupan nyata.

Layanan ini juga memberikan kemudahan bagi kreator untuk membuat acara jumpa fans yang dilengkapi dengan streaming video, proses pembayaran tiket dan hosting. Untuk menggunakan layanan ini, Google akan mengambil potongan sebesar 20% dari pendapatan acara yang dibuat kreator.

Jumpa fans secara virtual tentu dampak dari pandemi COVID-19 untuk mengurangi kerumunan banyak orang. Dengan konsep Fundo tentu memberikan cara mudah bagi para kreator untuk membuat acara online berbayar. Selain itu, jumpa fans virtual tentu lebih aman dari bahaya penyebaran virus Corona.

Google sendiri telah melihat berbagai acara berkembang untuk mencakup hal-hal seperti kelas olahraga, tutorial memasak, dan lokakarya.

Fundo juga akan memungkinkan 30 pengguna untuk tampil di layar pada saat yang bersamaan, dengan tujuan membuat acara yang lebih kecil dibandingkan seminar atau konser digital.

Selain peluncuran yang lebih luas, pengguna sekarang juga dapat mencari acara di situs Fundo dan membeli pertemuan tatap muka terjadwal dengan kreator.

(jsn/fay)