5 Fitur Baru WhatsApp Minggu Ini, Check!

5 Fitur Baru WhatsApp Minggu Ini, Check!

Rachmatunnisa - detikInet
Minggu, 05 Jul 2020 09:05 WIB
SAN ANSELMO, CALIFORNIA - MAY 14: The WhatsApp messaging app is displayed on an Apple iPhone on May 14, 2019 in San Anselmo, California. Facebook owned messaging app WhatsApp announced a cybersecurity breach that makes users vulnerable to malicious spyware installation iPhone and Android smartphones. WhatsApp is encouraging its 1.5 billion users to update the app as soon as possible.  (Photo Illustration by Justin Sullivan/Getty Images)
5 Fitur Baru WhatsApp Minggu Ini, Check! Foto: Justin Sullivan/Getty Images
Jakarta -

Sejumlah kemampuan baru WhatsApp diumumkan pekan ini, mulai dari stiker animasi sampai dark mode di versi desktop. Fitur-fitur baru WhatsApp ini, kalian sudah pada tahu?

Fitur-fitur ini memang masih dalam versi Beta sehingga belum tersedia di Google Play Store dan Apple App Store. WhatsApp berjanji akan merilis ketersediaannya secara bertahap untuk semua pengguna perangkat Android dan iOS dalam beberapa minggu ke depan.



Setidaknya ada 5 fitur baru WhatsApp yang sudah digembar-gemborkan di minggu ini. Berikut adalah rangkumannya:

1. Stiker Animasi

Fitur ini sudah disiapkan cukup lama dan kini WhatsApp mengupdate sejumlah pembaruan versi Beta. Dikutip dari WABetaInfo, paket stiker animasi ini nantinya akan ditambahkan ke tab stiker yang sudah ada di aplikasi.


Pengguna bisa mulai mendownload dan menggunakan pack stiker animasi ini. Kalau belum melihat pack stiker animasi di WhatsApp Store, artinya fitur tersebut belum tersedia tidak siap untuk kalian. Tapi, kalian bisa mendownload seluruh pack jika ada yang mengirimkan sticker animasi kepada kalian.Jadi, pengguna bisa dengan mudah meneruskan (forward) stiker animasi ini ke kontak lain, sama seperti meneruskan stiker biasa dan GIF. Bagaimana cara mendapatkannya?

2. QR codes

Ini adalah fitur baru yang sangat memudahkan ketika kita akan menambahkan kontak seseorang. Tak perlu lagi meminta nomor telepon seseorang setiap kali ingin menambahkan kontak baru ke daftar chat WhatsApp. Dengan QR codes, kalian hanya perlu memindai (scan) dan menyimpan (save) nomor orang lain untuk dimasukkan dalam daftar kontak.

3. Dark mode di WhatsApp web dan desktop

Setelah dihadirkan di Android dan iOS, fitur dark mode kini merambah versi desktop dan WhatsApp web. Akhirnya... pengguna WhatsApp di desktop pun bisa merasakan kenyamanan mata ketika harus berlama-lama menggunakan layanan chat tersebut.

4. Peningkatan kualitas video call

Dengan banyaknya orang-orang bekerja dari rumah selama pandemi COVID-19, kebutuhan akan video call meningkat. Fitur baru WhatsApp pun menjawab kebutuhan ini dengan memperbarui kualitas layanan video call baik untuk kebutuhan pekerjaan maupun penggunaan pribadi.

Dengan update terbarunya nanti, kalian bisa memaksimalkan video kontak tertentu menjadi layar penuh dengan hanya menyentuh (tap) panggilan dari orang tersebut.

Sebelumnya, WhatsApp juga berupaya mengakomodir kebutuhan video call di masa pandemi dengan memperkenalkan fungsi menambah hingga delapan orang pada panggilan video.

5. Status WhatsApp menghilang

Fitur baru WhatsApp juga akan menambahkan fungsi status menghilang di WhatsApp Stories untuk KaiOS. Pada fungsi ini, status WhatsAp yang menyerupai stories di iklan Instagram dan aplikasi lain akan hilang setelah 24 jam. Fitur ini sudah jauh lebih dulu tersedia untuk pengguna Android dan iOS.



Simak Video "WhatsApp Punya Beragam Fitur Baru, Sudah Tahu Belum?"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/rns)