Penting! Foto WhatsApp Tak Lagi Tersimpan Otomatis di Google Photos

Penting! Foto WhatsApp Tak Lagi Tersimpan Otomatis di Google Photos

Agus Tri Haryanto - detikInet
Jumat, 03 Jul 2020 20:01 WIB
Google Photos
Google Photos Setop Simpan Otomatis dari WhatsApp Cs. Foto: Google
Jakarta -

Sebelumnya Google Photos akan otomatis melakukan back up foto dan video dari WhatsApp maupun media sosial (medsos) lainnya. Fungsi tu saat ini tidak berlaku lagi.

Jika kalian perhatika, pada layanan Google Photos biasanya terdapat berbagai folder, baik itu dari aplikasi maupun medsos. Nah, untuk yang terakhir, Google Photos tidak lagi mencadangkan dokumentasi visualnya.

Kebijakan itu diterapkan Google karena pandemi COVID-19. Selama orang-orang diimbau untuk tinggal di rumah, tak sedikit dari mereka mengabadikan momen dan membagikannya ke medsos dan menurut Google. Akibatnya, trafik menjadi sangat tinggi, sehingga perlu diterapkan aturan main yang baru soal Google Photos ini.

Sebagaimana dikutip dari BBC, Jumat (3/7/2020) perubahan ini ditujukan untuk menghemat sumber daya internet. Meski file foto dan video di Google Photos memakan memori perangkat pengguna, fitur layanan kepunyaan Google ini pun menggunakan bandwidth.

Persoalan serupa juga dialami YouTube dan Netflix. Mereka pun telah lebih dulu memberlakukan peraturan baru dengan mengurangi padatnya lalu lintas internet selama pandemi dengan mengurangi resolusinya.

Berikut daftar aplikasi yang terpengaruhi dari kebijakan baru Google Photos yang tidak bisa mencadangkan otomatis file foto dan video, yaitu antara lain:

1. Facebook
2. Instagram
3. Helo
4. Line
5. Messages
6. Messenger
7. Snapchat
8. Twitter
9. Viber
10. WhatsApp



Simak Video "Kakek yang Hina Agama Islam di Medsos Jadi Tersangka"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fyk)