Facebook dan Instagram Ingatkan Pengguna Pakai Masker

Facebook dan Instagram Ingatkan Pengguna Pakai Masker

Virgina Maulita Putri - detikInet
Jumat, 03 Jul 2020 12:04 WIB
Facebook dan Instagram ingatkan pengguna pakai masker
Facebook dan Instagram Akan Ingatkan Pengguna untuk Pakai Masker Foto: Facebook
Jakarta -

Facebook dan Instagram akan mengingatkan pengguna untuk pakai masker lewat pesan di aplikasinya. Pengingat ini datang setelah terjadi lonjakan kasus COVID-19 di Amerika Serikat.

Dikutip detikINET dari The Verge, Jumat (3/7/2020) pengingat ini akan ditempatkan di bagian paling atas News Feed Facebook dan feed utama Instagram.

Banner yang ada di Facebook akan mengarahkan pengguna menuju COVID-19 Information Center yang berisi tautan menuju informasi dari Centers for Disease Control and Prevention (CDC).

Sedangkan banner yang ada di Instagram akan langsung mengarahkan pengguna ke situs CDC.

"Pakai penutup wajah dari kain untuk mencegah penyebaran COVID-19. Ketika berada di publik, tutup mulut dan hidung dengan pelindung wajah dari kain. Baca lebih lanjut di Centers for Disease Control and Prevention (CDC)," tulis banner pengingat yang ada di Instagram.

Perusahaan besutan Mark Zuckerberg ini mengatakan peringatan terbaru ini merupakan respons dari lonjakan kasus COVID-19 di AS. Pada Rabu kemarin misalnya, AS mencatat rekor dengan kasus baru tertinggi dalam sehari dengan 50.000 kasus baru.

Saat ini banner pengingat tersebut baru bisa dilihat oleh pengguna yang ada di AS. Tapi Facebook berencana akan menggulirkannya ke negara lain dalam waktu dekat.

Saat ini CDC memang merekomendasikan warga AS untuk selalu menggunakan masker saat berada di tempat umum untuk melindungi orang lain dari infeksi. Tapi masih ada beberapa kelompok yang enggan mengenakan masker meski beberapa negara bagian AS sudah mulai melonggarkan lockdown.

Akibatnya muncul banyak episentrum kasus baru seperti Arizona, Texas dan Florida. Data terbaru menunjukkan AS memiliki lebih dari 2,7 juta kasus COVID-19 dan lebih dari 128 ribu orang meninggal dunia.

Pengingat ini merupakan cara Facebook dan Instagram untuk mencegah misinformasi sepeutar virus Corona di platform-nya. Perusahaan yang berbasis di Menlo Park, California ini memang kesulitan mencegah penyebaran misinformasi sejak awal pandemi.



Simak Video "Konten Spiritual Jadi yang Paling Banyak Dicari di Facebook"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fyk)