Spotify Tampilkan Lirik Tersinkron Lagu, Bikin Asik Nyanyi

Spotify Tampilkan Lirik Tersinkron Lagu, Bikin Asik Nyanyi

Adi Fida Rahman - detikInet
Rabu, 01 Jul 2020 06:42 WIB
Spotify
Spotify menampilkan lirik tersingkron dengan lagu. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

Pengguna Spotify kini makin gampang ikutan nyanyi lagu dari musisi yang didengarnya. Sebab layanan streaming musik asal Swedia ini menampilkan lirik yang tersinkron lagu.

Setelah mengonfirmasi tengah menguji real-time lirik di sejumlah negara pada November lalu, kini fitur tersebut sudah bisa dinikmati pengguna. Namun fitur lirik tersebut baru tersedia di 26 negara.

Negara tersebut meliputi Argentina, Brasil, Kolombia, Chili, Meksiko, Peru, Bolivia, Kosta Rika, Republik Dominika, Ekuador, Guatemala, Honduras, India, Nikaragua, Panama, Paraguay, El Salvador, Uruguay, Vietnam, Filipina, Malaysia, Thailand, Taiwan, Singapura, Hong Kong dan tentu saja Indonesia.

detikINET pun coba menjajal fitur baru tersebut. Rupanya saat ini belum semua lagu dilengkapi lirik.

Ketika sebuah lagu dilengkapi lirik maka akan terlihat di bagian layar. Tarik ke atas untuk melihat sebagian atau tap dua kali bila ingin menampilkan satu layar penuh.

SpotifyLirik di Spotify Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Lirik akan mengikuti jalannya lagu dengan ditandai perubahan warna tulisan dari hitam menjadi putih. Hanya saja kita tidak dapat menekan pada lirik untuk menuju ke bagian tertentu seperti di Apple Music, jadi masih mengeser bar durasi di bagian bawah.

Untuk diketahui Spotify sempat menampilkan lirik sebelumnya kala bekerjasama dengan Musixmatch. Namun hubungan keduanya putus 2016 silam membuat fitur lirik pun lenyap.

Spotify sempat menggantikannya dengan Genius. Hanya saja yang ditampilkan bukan lirik utuh, melainkan dicampur dengan cerita latar dan komentar.

Kolaborasi keduanya pun tidak bertahan lama, lantaran Genius digandeng Apple Music untuk menampilkan lirik di layanannya. Dan pada akhirnya Spotify mengembangkan sendiri fitur lirik agar tidak kalah dengan kompetitornya Apple Music dan Joox yang telah memiliki kemampuan tersebut.



Simak Video "YouTube Music Tak Ingin Ambil Porsi Besar untuk Saingi Spotify Cs"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/afr)