WhatsApp Luncurkan Layanan Kirim Uang di Brasil

WhatsApp Luncurkan Layanan Kirim Uang di Brasil

Virgina Maulita Putri - detikInet
Selasa, 16 Jun 2020 16:58 WIB
pembayaran digital whatsapp
WhatsApp Luncurkan Layanan Kirim Uang di Brasil Foto: WhatsApp
Jakarta -

Setelah uji coba beta di India, WhatsApp akhirnya meluncurkan layanan pembayaran digital di Brasil. Layanan pembayaran ini memanfaatkan Facebook Pay yang diumumkan Facebook pada tahun lalu.

"Pembayaran di WhatsApp mulai digulirkan untuk pengguna di seluruh Brasil hari ini dan kami berharap dapat membawanya ke semua orang," tulis WhatsApp dalam blog post, seperti dikutip detikINET dari The Verge, Selasa (16/6/2020).

"Kami membuat mengirimkan uang kepada orang tercinta semudah mengirimkan pesan, yang sangat penting karena orang-orang harus menjaga jarak fisik satu dengan lainnya," sambungnya.

Pengguna WhatsApp bisa menggunakan fitur ini untuk mengirimkan uang ke akun individu atau bisnis. Tidak ada biaya tambahan untuk konsumen yang menggunakan layanan ini, tapi bagi bisnis akan dikenakan biaya tambahan 3,99% untuk menerima pembayaran dari konsumen.

Untuk melakukan pembayaran, pengguna harus menghubungkan akun WhatsApp mereka dengan kartu debit atau kartu kredit. Untuk mencegah penyalahgunaan, pengguna bisa melindungi transaksi dengan pin enam digit atau dengan sidik jari.

WhatsApp mengatakan fitur pembayaran digital ini menggunakan sistem terbuka, jadi mereka bisa menambahkan mitra baru di masa depan. Saat ini di Brasil, WhatsApp bekerjasama dengan bank lokal Banco do Brasil, Nubank dan Sicredi, serta Cielo untuk memproses pembayaran.

Saat ini pembayaran di WhatsApp baru tersedia di Brasil, tapi jika sukses fitur ini akan digulirkan ke lebih banyak negara dan menjangkau 2 miliar pengguna WhatsApp.

Fitur pembayaran di WhatsApp sebenarnya telah dikembangkan sejak lama dan telah meluncurkan uji coba closed beta di India pada tahun 2018. Banyak yang mengira layanan ini akan diluncurkan secara resmi di India, tapi Facebook sebagai induk WhatsApp terus terganjal masalah regulasi di sana.

Padahal India merupakan pasar terbesar bagi Facebook dari segi jumlah pengguna. India memiliki 400 juta pengguna bulanan aktif, sedangkan Brasil berada di posisi kedua dengan 120 juta pengguna bulanan aktif.



Simak Video "Cara Lakukan Video Call WhatsApp hingga 8 Orang"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)