WhatsApp Akan Bisa Diakses di Berbagai Perangkat, Tapi...

WhatsApp Akan Bisa Diakses di Berbagai Perangkat, Tapi...

Virgina Maulita Putri - detikInet
Selasa, 09 Jun 2020 06:03 WIB
SAN ANSELMO, CALIFORNIA - MAY 14: The WhatsApp messaging app is displayed on an Apple iPhone on May 14, 2019 in San Anselmo, California. Facebook owned messaging app WhatsApp announced a cybersecurity breach that makes users vulnerable to malicious spyware installation iPhone and Android smartphones. WhatsApp is encouraging its 1.5 billion users to update the app as soon as possible.  (Photo Illustration by Justin Sullivan/Getty Images)
WhatsApp Akan Bisa Diakses di Berbagai Perangkat, Tapi...Foto: Justin Sullivan/Getty Images
Jakarta -

Beberapa bulan yang lalu Whatsapp dikabarkan akan memudahkan pengguna untuk mengakses satu akun di berbagai perangkat sekaligus. Perkembangan terbaru menunjukkan sepertinya pengguna harus lebih bersabar menunggu kehadiran fitur ini.

Informasi kehadiran fitur ini pertama kali dikabarkan oleh situs WABetaInfo yang sering mengintip fitur-fitur baru WhatsApp yang sedang dalam masa uji coba beta. Dikutip detikINET dari Tom's Guide, Selasa (9/6/2020) kabar terbaru dari WABetaInfo menyebutkan fitur ini tidak akan datang dalam waktu dekat.

"Mulai dari sekarang WhatsApp mulai melakukan uji coba penting untuk fitur multi device secara internal," tulis WABetaInfo dalam cuitan Twitter-nya.

"Fitur ini belum tersedia dan belum ada tanggal peluncuran: itu bisa saja dalam dua bulan, empat bulan, enam bulan. Tapi ini sangat positif bahwa mereka mulai mencobanya secara keseluruhan," sambungnya.

Sebenarnya pengguna WhatsApp telah lama bisa mengakses akun mereka di ponsel dan desktop, baik melalui web client atau aplikasi. Tapi versi desktop ini hanya merupakan perpanjangan dari ponsel dan tidak akan berfungsi jika ponsel tidak terhubung dengan internet.

Kehadiran fitur berbagai perangkat yang sebenarnya ini terungkap lewat tampilan pengaturan di WhatsApp untuk Android versi beta yang berjudul 'Log in on a new device'. Tampilan ini meminta pengguna untuk terhubung dengan Wi-Fi untuk mengaktifkannya.

fitur baru whatsappLayar baru pengaturan WhatsApp Foto: WABetaInfo

Hal ini mungkin dikarenakan prosesnya yang akan boros kuota internet mengingat histori semua percakapan di WhatsApp akan disalin dari perangkat pertama ke perangkat baru agar proses pindah perangkat bisa berjalan dengan mulus.

Ada juga layar 'Linked Device' yang terlihat mirip seperti pengaturan WhatsApp Web yang saat ini ada. Tapi ada sedikit perubahan pada kalimat yang digunakan yang menandakan perangkat baru yang bisa dihubungkan bukan hanya PC.

fitur baru whatsappLayar baru pengaturan WhatsApp Foto: WABetaInfo

Menghadirkan fitur ini memang tidak mudah bagi WhatsApp, jadi wajar jika mereka membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mengujinya. Pasalnya, WhatsApp menggunakan enkripsi end-to-end di semua perangkatnya, sehingga ketika akan menghadirkan fungsi menambah atau menghapus perangkat, artinya akan ada kunci enkripsi baru untuk semua komunikasi WhatsApp di masa depan.

Semua kontak akan menerima pemberitahuan tentang perubahan kunci enkripsi dalam chat mereka. Di sisi lain, dukungan lintas-platform akan rumit karena WhatsApp mengandalkan Google Drive sebagai media back up di Android dan iCloud di iOS.



Simak Video "WhatsApp Punya Beragam Fitur Baru, Sudah Tahu Belum?"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/afr)