Demi Privasi, Signal Tawarkan Fitur Blur Wajah

Demi Privasi, Signal Tawarkan Fitur Blur Wajah

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Minggu, 07 Jun 2020 16:30 WIB
Fitur Blur di aplikasi Signal
Foto: Dok. Signal
Jakarta -

Signal adalah aplikasi pesan instan yang ditujukan untuk pengguna yang peduli soal privasi, karena punya enkripsi end-to-end. Kini mereka punya fitur baru untuk meningkatkan privasi penggunanya.

Dalam postingan blognya, Signal mengaku aplikasinya banyak dipakai oleh para demonstran rasisme dan kekerasan oleh polisi di Amerika Serikat. Untuk itulah kemudian mereka menambahkan fitur baru ini ke dalam aplikasinya.

"Di Signal kami mendukung orang yang turun ke jalan untuk memastikan suaranya didengar. Kami percaya ada yang perlu diubah di Amerika, dan meski kami tak tahu pasti bagaimana caranya, kami mendukung dan percaya kepada orang-orang yang di negara ini untuk menyelesaikannya," tulis Signal dalam blog tersebut.

Penambahan fitur baru ini ada di versi terbaru Signal untuk iOS dan Android. Dalam fitur tersebut, pengguna bisa mem-blur wajah orang yang ada dalam sebuah foto. Fitur ini adalah di dalam editor foto yang sebelumnya sudah ada di Signal.

Fitur Blur di aplikasi SignalFitur Blur di aplikasi Signal Foto: Dok. Signal

"Kini lebih mudah untuk memberikan tempat bersembunyi untuk wajah atau mengaburkan sesuatu yang mau anda hapus," tambahnya.

Proses untuk memblur ini dilakukan secara lokal di ponsel pengguna, jadi foto sudah diblur sebelum masuk ke jaringan internet, demikian dikutip detikINET dari Phone Arena, Jumat (5/6/2020).

Namun Signal juga mengakui kalau fitur blur ini tak sempurna karena tak bisa 100% mengenali wajah setiap waktu. Namun pengguna tetap bisa menentukan titik yang akan di-blur secara manual.



Simak Video "Jaga Privasi Pengguna, Google Luncurkan Beberapa Fitur Pembaharuan"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)