Aplikasi non Play Store Bakal Dipersulit di Android 11?

Aplikasi non Play Store Bakal Dipersulit di Android 11?

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Sabtu, 06 Jun 2020 18:04 WIB
Android 11
Instal aplikasi non Play Store di Android 11 akan dipersulit. Foto: Mobilesyrup.com
Jakarta -

Penggunaan aplikasi yang diunduh dari luar Play Store memang dibolehkan di Android, namun di Android 11 penggunaan APK non Play Store itu bakal dipersulit.

Selama ini, pengguna Android cukup menyalakan opsi untuk membolehkan instalasi aplikasi dari luar Play Store. Dan hal itu cuma perlu dilakukan sekali, sehingga pengguna tak perlu mengulangi langkah tersebut setiap kali mau menginstal aplikasi dari luar Play Store.

Namun di Android 11, prosesnya tak semudah itu. Pasalnya Google menerapkan sistem baru bernama Scoped Storage di Android 11, yang membuat aplikasi hanya mempunyai akses ke direktori khusus aplikasi di storage ponsel, dan inilah yang memperumit proses instalasi -- dan penggunaan -- aplikasi non Play Store.

Dilihat dari laman Google issue tracker, setelah permission atau izin diberikan untuk sebuah aplikasi, maka izin itu akan otomatis berhenti. Prosesnya baru akan dimulai lagi saat aplikasinya dibuka.

Hal ini menyebabkan aplikasi tak bisa bekerja di background, dan membuat aplikasinya terlihat crash atau bermasalah, demikian dikutip detikINET dari Phone Arena, Sabtu (7/6/2020).

"Cara kerja filesystem dan storage mount di Android R (Android 11) berubah secara signifikan. Saat aplikasi dibuka tanpa permission ini, maka aplikasinya akan bisa melihat filesystem tanpa bisa menulis ke direktori tertentu (contohnya Android/obb)," tulis Google.

"Setelah aplikasinya mendapat permission tersebut, maka caranya akan berubah kembali dan perlu diperbarui untuk membolehkan aplikasi tersebut menulis ke direktori tertentu. Kami masih mengevaluasi ini secara internal," lanjutnya.

Dari pernyataan ini, masih ada kemungkinan Google akan mengubah atau memperbaiki sistem baru ini.



Simak Video "Rating TikTok Anjlok Gegara Ulah Kreator India"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/afr)