Google Hapus Aplikasi 'Anti China' dari Play Store

Google Hapus Aplikasi 'Anti China' dari Play Store

- detikInet
Kamis, 04 Jun 2020 09:35 WIB
play store
Foto: istimewa
Jakarta -

Google menghapus aplikasi buatan developer asal India dari Play Store, yang menjanjikan bisa menemukan dan menghapus semua aplikasi asal China.

Aplikasi yang dimaksud bernama 'Remove Chinese Apps', dan aplikasi tersebut dihapus karena melanggar aturan 'Deceptive Behaviour Policy', yang melarang aplikasi untuk menyesatkan pengguna untuk menghapus ataupun menonaktifkan aplikasi pihak ketiga.

Penghapusan aplikasi ini terjadi saat meningkatnya tensi anti China di India. Bahkan seorang selebritis India mengajak penggemarnya untuk menghapus aplikasi yang berasal dari China seperti TikTok dari ponselnya.

Sebelum dihapus dari Play Store, aplikasi 'Remove Chinese Apps' ini punya popularitas tinggi di India. Aplikasi ini tercatat sudah diunduh lebih dari 5 juta kali sejak akhir Mei lalu, dan menjadi pemuncak di daftar trending aplikasi gratis.

Cara kerja aplikasi ini adalah dengan memindai aplikasi asal China yang terinstal di ponsel, contohnya TikTok buatan ByteDance ataupun UC Browser buatan Alibaba. Kemudian aplikasinya akan memberikan opsi untuk menghapus atau tetap menyimpan aplikasi tersebut.

Jika tak ada aplikasi asal China yang terdeteksi, maka akan muncul pesan pop up berbunyi 'You are awesome, no China app found.'

Tensi tinggi antara China dan India ini juga membuat munculnya aplikasi pesaing TikTok yang dibuat oleh developer asal India. Namun aplikasi bernama Mitron itu kemudian juga dihapus dari Play Store karena melanggar aturan yang ditetapkan Google.



Simak Video "Rating TikTok Anjlok Gegara Ulah Kreator India"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/afr)