Fitur Baru Youtube Bisa Lompati Video yang Ingin Dituju

Fitur Baru Youtube Bisa Lompati Video yang Ingin Dituju

Josina - detikInet
Jumat, 29 Mei 2020 22:09 WIB
Ilustrasi Google, ilustrasi YouTube, dan ilustrasi Facebook
Fitur Baru Youtube Bisa Lompati Video yang Ingin Dituju. (Foto: Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Dalam sebuah video YouTube dengan durasi panjang kadang sang kreator memberikan tautan link berupa waktu di bagian deskripsi tujuannya agar penonton bisa langsung menonton bagian yang mereka ingin lihat.

Misal, ketika ada video tutorial memasak penonton bisa meng-skip bagian intro dan langsung masuk ke inti dari tutorial tersebut tanpa harus membuang-buang waktu. Meski cara ini belum paling efisien, namun berhasil dan dilakukan di konten video YouTube.

Menjawab persoalan tersebut YouTube pun mendengarkan akan permintaan para penggunaannya dan mengumumkan telah meluncurkan fitur yang dinamai 'Chapters'

Fitur Chapters sendiri sebelumnya sudah diuji coba, dengan fitur ini dapat mempermudah penonton untuk mencari bagian video yang diinginkan.

Setelah mendapatkan respon yang baik akhirnya YouTube merilis fitur Chapters ini secara permanen baik di YouTube versi website serta perangkat Android dan iOS.

Chapters ini akan terlihat pada bagian bawah pemutar video dengan bentuk garis-garis patah dan menunjukkan tanda waktu yang dapat diklik penonton untuk langsung menuju ke video tersebut.

Namun dilansir detiKINET dari Ubergizmo, ada catatan bahwa fitur ini sepenuhnya adalah opsional dan pembuat video harus memasukkannya secara manual sehingga tidak semua video dapat memanfaatkan fitur tersebut.



Simak Video "Chapters, Fitur YouTube Bantu Lompati Bagian Video yang Diinginkan"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fay)