Rating TikTok Anjlok, Google Turun Tangan

Rating TikTok Anjlok, Google Turun Tangan

Josina - detikInet
Kamis, 28 Mei 2020 23:10 WIB
Tyumen, Russia - January 21, 2020: TikTok and Facebook application  on screen Apple iPhone XR
Rating TikTok Anjlok, Google Turun Tangan. (Foto: iStock)
Jakarta -

Google telah menghapus jutaan ulasan negatif pada aplikasi TikTok di Google Play Store. Ulasan tersebut membuat penilaian aplikasi tersebut turun drastis dari 4,5 menjadi 1,2 bintang dalam waktu semalam.

Anjloknya penilaian TikTok ini akibat ulah dari kreator TikTok asal India yakni Fazial Siddiqui yang memposting sebuah video berisikan menyiram cairan asam ke wajah seorang perempuan.

Meski video ini dibuat sebagai prank atau lelucon. Namun aksinya tersebut mendapatkan kritikan keras dari para netizen. Ia pun meminta maaf dan menghapus videonya.

"Sebagai influencer media sosial, saya menyadari tanggung jawab saya dan meminta maaf kepada siapa pun yang tersinggung oleh video." ujar Faizal dilansir detiKINET dari BBC.

Meski video sudah dihapus dan sang influencer sudah meminta maaf namun tetap memberikan efek buruk kepada aplikasi TikTok dari ulasan negatif dan peringkat yang anjlok di Google Play Store.

"Sesuai kebijakan, kami tidak mengizinkan konten yang membahayakan keselamatan orang lain, mempromosikan kerusakan fisik, atau mengglorifikasi kekerasan terhadap perempuan," kata juru bicara TikTok.

"Perilaku tersebut melanggar pedoman kami dan kami telah menghapus konten, menangguhkan akun, dan bekerja dengan lembaga penegak hukum sebagaimana mestinya." tambah TikTok.

Dalam kasus ini Google pun turun tangan, seorang juru bicara Google bahkan mengatakan telah mengambil tindakan korektif. Google juga mengatakan bahwa ulasan-ulasan ini sengaja dibuat dengan membuat akun palsu untuk memperkuat protes mereka.

"Ketika kami mengetahui insiden penyalahgunaan spam, kami meninjau dan mengambil tindakan korektif untuk menghapus peringkat dan komentar yang tidak pantas," lanjut juru bicara Google.



Simak Video "Rating TikTok Anjlok Gegara Ulah Kreator India"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fay)