Kelas Pintar Gandeng Operator Maksimalkan Belajar Online

Kelas Pintar Gandeng Operator Maksimalkan Belajar Online

Aisyah Kamaliah - detikInet
Senin, 18 Mei 2020 22:02 WIB
Salah satu metode belajar online di saat sekolah diliburkan untuk pencegahan Corona (dok. Istimewa)
Foto: Salah satu metode belajar online di saat sekolah diliburkan untuk pencegahan Corona (dok. Istimewa)
Jakarta -

Belajar online gratis menawarkan beragam fitur keren seperti yang ada pada Kelas Pintar. Lantas, untuk urusan kuota dan bandwitch-nya bagaimana?

Platform belajar online gratis banyak dipergunakan selama COVID-19 melanda. Salah satunya adalah Kelas Pintar yang memiliki banyak fitur menarik mulai dari live video, group chat, sampai whiteboard virtual.

Meski begitu, Fernando Uffie Founder of Kelas Pintar mengatakan pihaknya sudah memikirkan hal ini matang-matang. Kekhawatiran soal bandwitch dan kuota yang terpakai pun telah dicari solusinya.

"Pada dasarnya kita capture image secara periodik, secara intelijen sistem kita atau sekolah bisa identifikasi bandwitch-nya," ujarnya dalam video conference bersama rekan media, Senin (18/5/2020). Dengan kata lain, sistem secara pintar akan menyesuaikan gambar yang ditangkap baik guru maupun murid namun tetap bisa terkontrol dari segi pengawasan.


Terlebih, Kelas Pintar menyadari pihaknya tidak dapat bekerja sendiri. Mereka pun mengaku telah menjalin kerjasama dengan sejumlah operator untuk urusan penunjang sarana internet.

"Di awal saya sampaikan kalau memang kerjaan ini tidak bisa dilakukan Kelas Pintar sendiri. Bicara internet kita sudah kerjasama dengan tiga operator karena kita percaya coverage global mereka banyak dan nation wide," tutur Uffie.

Bicara soal belajar online maka masuk juga ke urusan transformasi digital dan kesiapannya. Kelas Pintar menyebut pihaknya telah merangkul kerjasama pemain lokal untuk pembuatan tablet guna penyediaan komputer bagi guru dan siswa yang fasilitasnya belum memadai.



Simak Video "Usaha Ruangguru Permudah Pembelajaran Jarak Jauh"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)