Facebook Hapus Instagram Lite di Google Play Store

Facebook Hapus Instagram Lite di Google Play Store

Josina - detikInet
Selasa, 12 Mei 2020 22:15 WIB
Ilustrasi Instagram
Facebook Hapus Instagram Lite di Google Play Store (Foto: Youtube)
Jakarta -

Dua tahun lalu Facebook diam-diam meluncurkan aplikasi Instagram Lite yang ditujukan untuk pasar negara berkembang. Sebuah Aplikasi mini yang hanya berukuran 573 kilobytes, atau sekitar 1/55 dari ukuran Instagram reguler.

Adanya versi Lite ditujukan untuk mengatasi berbagai isu yang dihadapi oleh pengguna internet mobile di negara berkembang yang sering menggunakan perangkat yang sudah lawas dengan kapasitas penyimpanan kecil, koneksi internet yang lambat, atau tidak mampu untuk membeli paket internet yang besar.

Namun kehadirannya kini telah hilang dari Google Play Store. "Instagram Lite Tidak Lagi Didukung." demikian bunyi pesan bagi pengguna Instagram Lite yang kemudian diarahkan untuk ke aplikasi utama Instagram.

Dilaporkan dari TechCrunch, Facebook telah mengkonfirmasi penghapusan Instagram Lite. Dijelaskan dari Juru Bicara Facebook saat ini Instagram Lite sedang kembali dilakukan ujicoba.

"Kami sedang menguji kembali aplikasi Instagram Lite. Anda dapat mulai menggunakan versi terbaru Instagram sebagai gantinya untuk terhubung dengan orang-orang dan hal-hal yang Anda sukai,"

Sebelumnya Instagram Lite tersedia di beberapa negara seperti Kenya, Meksiko, Peru dan Filipina namun Facebook telah memutuskan untuk mematikan sepenuhnya pada tanggal 13 April.

Instagram versi ringan ini memiliki fitur yang lebih Fitur yang tersedia juga sama seperti memberikan filter dan mengupload foto ke feed atau Stories, menonton Stories, dan menjelajahi tab Explore. Tapi, versi Lite ini tidak memiliki fitur upload video dan mengirimkan pesan langsung (DM) ke teman.

Pada awal diluncurkan, Meksiko menjadi pasar pertama yang mendapatkan aplikasi Instagram Lite dengan menyumbang 62 persen unduhan. Hingga saat ini Instagram Lite telah diunduh sekitar 4,4 juta di Meksiko menurut data dari Sensor Twor.

Lalu pasar terbesar kedua Instagram Lite adalah Filipina dengan 14 persen unduhan. Lalu disusun Kenya dan Peru masing-masing 12,5 persen dan 12 persen unduhan.



Simak Video "Instagram Rilis Fitur Pengawal Kesehatan Mental"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fay)