6 Password Manager Terbaik Untuk Amankan Akun

6 Password Manager Terbaik Untuk Amankan Akun

Fitraya Ramadhanny - detikInet
Minggu, 10 Mei 2020 13:38 WIB
Google Password
6 Password Manager Terbaik Untuk Amankan Akun Anda (Foto: Wired)
Jakarta -

Karena sedang banyak pembobolan data akun pribadi, ada baiknya kalian menggunakan password manager. Pilihannya banyak, dari yang gratis sampai bayar.

Seperti kalian ketahui, pandemi virus Corona memaksa semua orang work from home dengan jaringan internet yang tidak seaman di kantor. Kita log in ke berbagai akun untuk urusan kerja atau senang-senang di rumah.

Di waktu bersamaan, dalam situasi seperti ini pembobolan data akun pengguna menjadi ancaman yang lebih serius. Hal ini sudah terjadi pada akun Tokopedia dan tahun lalu pernah terjadi pada Bukalapak. Pengamat keamanan internet mengatakan, password yang sama untuk banyak akun, punya risiko besar.

Namun dengan banyak akun, kita jadi malas membuat password beda-beda dan harus mengingatnya. Tenang, ada aplikasi password manager untuk mengurus itu semua.


Dikutip dari Cnet Minggu (10/5/2020), berikut ini adalah deretan aplikasi password manager terbaik 2020:


1. LastPass

LastPass tersedia dalam versi gratis atau berbayar USD 36/tahun. Versi gratisnya saja sudah dianggap yang terbaik untuk aplikasi sejenisnya.

Kalian bisa menyimpan password, info user login dan kredensial dan sinkronisasi antara desktop, perangkat mobile dan browser. Versi premiumnya bisa berbagi password, login, membership dan hal lain kepada keluarga dan teman. Kalian dapat pula menggunakan two factor authentication Yubikey dan 1GB penyimpanan terenkripsi.

Aplikasi ini bisa dipakai di Windows, MacOS, Linux, Android, iPhone dan iPad serta ekstensi browser untuk Chrome, Firefox, Safari, Internet Explorer, Edge dan Opera.

2. 1Password

1Password tersedia trial 30 hari atau berbayar USD 35,88/tahun. Aplikasi ini dianggap mumpuni untuk mengakses semua akun dan layanan dengan satu master password untuk semua platform perangkat.

Untuk bersi berbayar, pengguna dapat 1GB penyimpanan dokumen, dan bisa pakai two factor authentication Yubikey. Ada travel mode dengan fitur menghapus data sensitif selama traveling, dan mengembalikannya setelah pulang dengan satu klik saja.

Pada Mac, ada fitur Touch ID kalau iOS ada Face ID. Aplikasi ini bisa dipakai di Windows, MacOS, Linux, Chrome OS, Android, iPhone dan iPad, serta ekstensi browser untuk Chrome, Firefox, Safari, Edge dan Opera.