Aplikasi Populer di iOS Sempat Crash Gara-gara Facebook

Aplikasi Populer di iOS Sempat Crash Gara-gara Facebook

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Jumat, 08 Mei 2020 05:10 WIB
Amnesti Internasional Tuding Facebook Dan Google Ancam HAM Manusia Sedunia
Foto: ABC Australia
Jakarta -

Sejumlah aplikasi populer di iOS sempat bermasalah dan muncul di Downdetector. Penyebabnya adalah Facebook. Kok bisa?

Penyebab dari masalah ini adalah software development kit (SDK) Facebook, yang menjadi salah satu cara untuk login dan menggunakan fitur di berbagai aplikasi tersebut. Aplikasi yang terdampak itu antara lain adalah TikTok, Spotify, Tinder, Pinterest, Soundcloud, dan lainnya.

Menurut laporan, SDK Facebook untuk iOS tersebut bakal menghubungi server Facebook setiap kali pengguna membuka aplikasi yang menggunakan SDK tersebut, demikian dikutip detikINET dari Zdnet, Kamis (7/5/2020).

Namun karena ada masalah, balasan dari server yang seharusnya diterima oleh SDK itu tidak terkirim. Alhasil SDK-nya pun crash alias tidak bisa beroperasi, yang kemudian membuat aplikasi-aplikasi yang mengandalkan SDK itu pun tak bisa beroperasi.

Untungnya Facebook cepat tanggap dan memperbaiki masalah ini, tepatnya tiga jam setelah pertama terjadi. Meski begitu, bermacam hashtag yang melaporkan masalah ini pun sempat bermunculan dan menjadi trending di Twitter, seperti #tiktokdown, #spotifydown, dan lainnya.

"Sebuah pembaruan di Facebook termasuk perubahan yang menyebabkan crash di sejumlah pengguna aplikasi yang memakai SDK Facebook iOS. Kami menyadari masalah ini dengan cepat dan langsung memperbaikinya. Kami meminta maaf atas ketidaknyamanannya," tulis Facebook dalam keterangan resminya.



Simak Video "Mark Zuckerberg Selancar Pakai Sunscreen Tebal, Netizen: Mirip Joker!"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)