Cegah Aksi Bullying, Twitter Uji Fitur 'Rethink'

Cegah Aksi Bullying, Twitter Uji Fitur 'Rethink'

Josina - detikInet
Rabu, 06 Mei 2020 13:52 WIB
ilustrasi twitter
Cegah Aksi Bullying, Twitter Uji Fitur 'Rethink' (Foto: 9to5mac)
Jakarta -

Twitter dilaporkan sedang menguji fitur baru yang diharapkan dapat mencegah aksi bullying dan pelecehan di platformnya.

Dengan fitur ini pengguna akan diminta untuk memikirkan kembali 'Rethink' sebelum membalas sebuah dan menekan kirim pada tweet dengan komentar kasar, menyinggung ataupun menyakitkan.

"Ketika segalanya memanas, pengguna mungkin akan mengatakan hal-hal mungkin tidak dimaksudkan. Untuk membuat pengguna memikirkan kembali sebuah balasan tweet, kami menjalan eksperimen terbatas di iOS," tulis perusahaan di akun Twitter Support yang dilansir detikINET dari Engadget.

Pengguna akan diberikan pilihan untuk mengonfirmasi balasan untuk direvisi sebelum dipublikasikan jika bahasa yang akan dikirim tersebut mengandung kata-kata ofensif.

Fitur ini mirip dengan anti-bullying milik Instagram yang diperkenalkan pada tahun lalu. Di Instagram mereka menggunakan AI untuk mendeteksi bahasa yang mengandung kata-kata kasar dan meminta pengguna untuk memikirkan kembali komentar tersebut sebelum dikirim.

Untuk versi Twitter akan mencari kata-kata yang mirip dengan postingan yang telah dilaporkan pengguna.

Twitter sudah lama tengah berjuang untuk menghadapi aksi bulying di platformnya ini dan telah melakukan ujicoba dengan sejumlah fitur-fitur untuk meningkatkan obrolan yang lebih sehat.

Untuk eksperimen terbaru ini sedang diluncurkan ke subset dari pengguna iOS Twitter di Amerika Serikat.



Simak Video "Bos Twitter akan Uji Coba Layanan Berbayar di Platform-nya"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fay)