3 Rekomendasi Aplikasi Al-Qur'an Biar Makin Rajin Ngaji Selama Ramadhan

3 Rekomendasi Aplikasi Al-Qur'an Biar Makin Rajin Ngaji Selama Ramadhan

Rachmatunnisa - detikInet
Selasa, 05 Mei 2020 04:20 WIB
aplikasi alquran
Rekomendasi Aplikasi Alquran Biar Makin Rajin Ngaji Selama Ramadhan. (Foto: Screenshot)
Jakarta -

Ramadhan adalah waktunya lebih banyak beribadah, salah satunya, lebih rajin mengaji. Supaya kalian makin rajin mengajinya, ada 3 rekomendasi aplikasi Al-Qur'an gratis yang bisa temani Ramadhan kalian.

Aplikasi ini direkomendasikan berdasarkan hasil pencarian teratas 'aplikasi Al-Qur'an' di Google Play Store dengan banyak ulasan yang bagus. Ini dia.

aplikasi alquran

1. Al Quran Indonesia

Al Quran Indonesia besutan developer Andi Unpam menghadirkan terjemahan bahasa Indonesia dan audio mp3 murottal full, 114 surah atau 30 juz.

Tampilannya user friendly, dan semua fitur gratis dijanjikan tanpa pembatasan. Fitur tersebut antara lain bisa membaca Al-Qur'an dengan mode landscape atau portrait, dark mode, tajwid berwarna, fungsi menyalin, membagikan dan bookmark ayat Al-Qur'an, serta backup-restore bookmark dan penanda bacaan terakhir ke cloud.

Ada juga jadwal sholat, imsakiyah, termasuk alarm adzan, arah kiblat, dan kalender hijriah. Seluruh fitur bisa berjalan offline. Pada aplikasi ini terdapat iklan, namun penempatannya tidak pada posisi ketika sedang membaca Al-Qur'an.

Kalau kalian tidak menginginkan ada iklan, kalian bisa berdonasi sebesar Rp 20.000 yang nantinya akan disalurkan ke anak yatim dan dhuafa.

aplikasi alquran

2. Al'Quran Bahasa Indonesia

Sesuai dengan namanya, aplikasi yang dibuat oleh developer Seconda Variante ini memungkinkan kalian bisa membaca Al-Qur'an dalam Bahasa Indonesia.

Ada juga warna tajwid untuk membantu kalian lebih mudah membacanya. Untuk yang versi gratis, fitur warna tajwid ini hanya ada di dua surat pertama. Kalian bisa upgrade ke versi advanced untuk mendapat fitur tersebut secara penuh.

Pada aplikasi ini juga disediakan pengingat doa, fungsi menyalin ayat ke clipboard, menambahkan satu ayat ke favorit, atau membagikannya ke media sosial dan chat.

Fitur lainnya adalah pengingat salat, audio pembacaan Arab dalam setiap surat. Tampilan aplikasi ini juga simpel, kalian bisa swipe ke kiri dan kanan untuk melihat surat sebelum atau berikutnya.

aplikasi alquran

3. Quran for Android

Aplikasi Qur'an for Android juga termasuk favorit dan digemari banyak pengguna. Dibuat oleh developer Quran.com, aplikasi ini punya tampilan yang sederhana dan mudah digunakan.

Quran for Android juga punya fitur dark mode yang menawarkan kenyamanan mata saat kalian mengaji di malam hari. Fitur lain dari aplikasi ini adalah terjemahan hingga 20 bahasa, pemutaran audio, fungsi bookmark, menandai dan membagikan ayat.

Nah, semoga rekomendasi tiga aplikasi Al-Qur'an ini bisa menjaga semangat ibadah kalian ya. Selamat berpuasa!



Simak Video "Pernyataan Lengkap Kemenag Terkait Penetapan 1 Syawal 1441 H"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/fay)