Instagram Live Punya Fitur Baru untuk Mudahkan Berdonasi

Instagram Live Punya Fitur Baru untuk Mudahkan Berdonasi

Virgina Maulita Putri - detikInet
Rabu, 29 Apr 2020 12:32 WIB
Instagram Live Donation
Instagram Live Punya Fitur Baru untuk Mudahkan Berdonasi Foto: Dok. Instagram
Jakarta -

Instagram mempunyai fitur baru yang memudahkan pengguna menggalang dana untuk organisasi nirlaba. Baru-baru ini mereka mengumumkan fitur Donation on Instagram Live yang memungkinkan pengguna untuk memberikan donasi lewat Instagram Live.

Fitur ini diluncurkan bersamaan dengan meningkatnya popularitas Instagram Live di tengah pandemi virus Corona. "Instagram Live mengalami pertumbuhan 70% dibanding bulan lalu," kata Head of Product Instagram Vishal Shah kepada Mashable, seperti dikutip detikINET, Rabu (29/4/2020).

Untuk memulai donasi lewat Live, buka aplikasi Instagram di ponsel lalu tap ikon kamera yang ada di kiri atas. Di bagian bawah layar pilih opsi Live, tap Fundraiser dan pilih organisasi nirlaba yang ingin didukung.

Instagram mengatakan 100% donasi yang dikumpulkan akan diberikan ke organisasi pilihan pengguna dan mereka tidak memungut biaya apa pun dari donasi tersebut.

Instagram sebelumnya telah memiliki fitur donasi lewat stiker yang tersedia di Instagram Stories sejak Mei 2019. Tapi opsi baru ini membuat proses penggalangan dana menjadi lebih interaktif dan membawa beberapa fitur baru.

Misalnya dengan melihat berapa banyak orang yang telah menyumbang, sekaligus melihat jumlah donasi yang dikumpulkan. Pengguna yang menjalankan Live Donation juga bisa berterima kasih kepada pendukungnya secara real time dengan tap ikon 'Wave' yang ada di layar.

Jangkauan fitur donasi live ini cukup luas karena dibangun di atas sistem donasi Facebook yang telah menggandeng lebih dari 1 juta organisasi nirlaba. Shah mengatakan Live Donation tidak hanya hadir di masa pandemi tapi merupakan fitur permanen.

Instagram juga meluncurkan fitur baru untuk donasi lewat stiker Stories. Kini ketika pengguna menyumbangkan donasi ke organisasi lewat stiker, mereka bisa mendapatkan stiker 'I donated' untuk digunakan di Stories.



Simak Video "Instagramnya Sempat Diretas, Ini Cerita Nindy"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fyk)