Sambut Ramadhan, Tokopedia Punya 3 Fitur Baru untuk Penjual

Sambut Ramadhan, Tokopedia Punya 3 Fitur Baru untuk Penjual

Virgina Maulita Putri - detikInet
Senin, 27 Apr 2020 18:14 WIB
Ilustrasi Tokopedia
Aplikasi Penjual Tokopedia Dapat Tiga Fitur Baru (Foto: detikINET/Irna Prihandini)
Jakarta -

Wabah virus Corona dan penetapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) membuat banyak masyarakat Indonesia memenuhi kebutuhannya lewat belanja online, termasuk lewat e-commerce seperti Tokopedia. Transaksi belanja online juga pasti akan meningkat di bulan Ramadhan.

Untuk membantu penjual agar tidak kewalahan mengelola pesanan di bulan Ramadhan sekaligus meningkatkan produktivitas mereka, Tokopedia meluncurkan sejumlah fitur baru untuk aplikasi khusus penjual. Kehadiran fitur-fitur ini dinilai sangat krusial mengingat banyak penjual yang bergantung pada aplikasi tersebut.

"Perannya aplikasi seller ini sangat penting mengingat Tokopedia saat ini menjadi rumah untuk 7,8 juta penjual dan lebih dari setengahnya me-manage bisnisnya dari aplikasi," kata AVP of Product Tokopedia, Priscilla Anais dalam wawancara virtual, Senin (27/4/2020).

Ada tiga fitur yang diperkenalkan untuk memudahkan penjual yaitu dashboard, quick chat reply dan navigasi. Untuk fitur dashboard, Tokopedia akan menampilkan semua informasi yang dibutuhkan penjual dalam satu halaman.

Dashboard ini berisi sejumlah informasi penting yang ditampilkan dalam widget khusus yang dirancang untuk membantu penjual memprioritaskan apa yang harus mereka lakukan hari ini. Ada juga fitur yang menampilkan ringkasan penjualan dan performa layanan penjual.

"Kami juga memberikan widget info-info terbaru dari Tokopedia untuk seller. Seperti misalnya di saat pandemi seperti ini bagaimana seller harus menghadapi kondisi dan tips-tips yang bisa kita berikan," jelas Head of Product Seller Platform Tokopedia, Nadhira Ayuningtyas dalam kesempatan yang sama.

Untuk memudahkan menjawab pertanyaan dari calon pembeli, e-commerce yang identik dengan warna hijau ini menghadirkan fitur quick chat reply. Jadi penjual bisa langsung membaca dan membalas pesan dari calon pembeli langsung dari notifikasi tanpa masuk ke aplikasi.

Untuk membantu penjual yang kerepotan harus mengurus stok, memproses pesanan dan berinteraksi dengan penjual, Tokopedia juga menghadirkan metode navigasi yang lebih mudah di aplikasi.

Dalam navigasi ini juga ada dua menu untuk membantu penjualan yaitu statistik yang berisi informasi tentang toko hingga 90 hari ke belakang dan tempat pemasangan iklan dan broadcast chat.

"Itulah navigasi-navigasi baru yang kami luncurkan untuk seller untuk membantu lebih cepat lagi dalam operasional toko atau mengembangkan toko agar lebih mudah dan efisien," pungkas Nadhira.



Simak Video "Menteri Teten Minta E-Commerce Sediakan Laman Khusus Produk UMKM"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)