goKampus, Solusi Daftar Online untuk Penerimaan Mahasiswa Baru

goKampus, Solusi Daftar Online untuk Penerimaan Mahasiswa Baru

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Minggu, 19 Apr 2020 18:20 WIB
Aplikasi goKampus
Foto: Dok. goKampus
Jakarta -

Pandemi Corona yang memaksa penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB), berdampak besar pada banyak hal, termasuk dunia pendidikan.

Selain kegiatan pembelajaran di rumah, sejumlah universitas pun kini sudah menerapkan solusi pendaftaran mahasiswa baru secara online lewat aplikasi mobile. Pendaftaran mahasiswa baru secara online ini dirasa adalah salah satu solusi untuk mengurangi penurunan jumlah mahasiswa baru akibat pandemi corona.

Pasalnya, tanpa pandemi pun, jumlah lulusan SMA dan SMK yang melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pun angkanya masih di bawah 60% setiap tahunnya. Hal tersebut juga diakui oleh Jaya Suteja Ph.D., selaku Perwakilan Penerimaan Mahasiswa Baru di Universitas Surabaya (UBAYA).

Ia menjelaskan bahwa akses perguruan tinggi untuk siswa-siswi yang diwajibkan tinggal di rumah menjadi terkendala. Ia mengutarakan dua contoh kendala yang dialami pendaftar.

"Pertama, kurangnya akses informasi dan konsultasi seputar perguruan tinggi yang diminati karena berhentinya acara sekolah, seperti pameran pendidikan. Kedua, sulitnya melengkapi dokumen sebagai syarat pendaftaran mahasiswa baru. Apalagi di tengah PSBB, siswa kesulitan dalam mengirimkan rapor secara langsung," ungkapnya.

Padahal, keberlangsungan jenjang pendidikan sangat krusial. "Penting bagi lulusan SMA atau sederajat melanjutkan pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi, sehingga generasi muda tetap meraih karir di masa depan yang lebih baik, sekalipun saat ini sedang dihadapkan dengan bencana nasional pandemi COVID-19," ujar Dr. Gunardi Lie, S.H., M.H., Ketua Pengurus Yayasan Tarumanagara.

Memahami kendala ini, Universitas Tarumanegara (Untar), UBAYA, dan 150 kampus lainnya pun mengambil inisiatif mentransformasikan sistem pendaftaran memakai aplikasi mobile goKampus yang lebih mudah dan nyaman bagi calon mahasiswa.