Aplikasi Smartphone untuk Bikin Vlog #DiRumahAja

Aplikasi Smartphone untuk Bikin Vlog #DiRumahAja

Alfi Kholisdinuka - detikInet
Sabtu, 11 Apr 2020 20:16 WIB
Ilustrasi vlog
Foto: Shutterstock
Jakarta -

Belajar menyunting video dan bikin vlog bisa jadi kegiatan mengasyikkan saat #DiRumahAja. Terlebih selama masa pandemi ini, selain bisa menekan angka positif COVID-19 melalui physical distancing kita juga bisa tetap produktif dan menghasilkan sebuah karya, seperti misalnya membuat vlog.

Untuk mendukung membuat vlog selama di rumah, kamu bisa memanfaatkan software pengedit video. Aplikasi ini banyak tersedia di Play Store sehingga memudahkan kamu untuk menggabungkan, memotong atau menambah effect suara dalam vlog yang kamu ambil langsung dari smartphone.

Aplikasi ini juga sangat memudahkan mengedit video untuk Instagram ataupun YouTube di mana saja dan kapan saja, terlebih saat lagi santai dalam karantina ini. Berikut aplikasi untuk smartphone yang sudah dirangkum detikINET.

Filmora

Pertama aplikasi edit video untuk Instagram atau sosial media yang bisa dicoba ada Filmora. Aplikasi ini memiliki beberapa fitur seperti pemotongan video, penambahan tema, musik hingga menggabungkan video-video pilihan. Video yang sudah diedit pun bisa langsung diunggah ke media sosial apapun atau kamu simpan dalam galeri.

Filmix

Kedua, ada Filmix. Aplikasi ini memberikan banyak keunggulan, salah satunya fitur tampilan slide yang unik dan menarik. Kita dapat dengan cepat mengubah momen sehari-hari menjadi video kreatif dengan efek visual yang mengagumkan.

Splice

Kemudian terakhir ada Splice aplikasi edit video simpel dan menarik yang dibuat oleh GoPro. Fitur-fitur keren yang terdapat di aplikasi ini banyak dimanfaatkan oleh para influencer, salah satunya Fiersa Besari. Banyak dari video di Instagramnya diedit menggunakan aplikasi ini.

Kendati dapat diunduh secara gratis di Play Store, nyatanya tidak semua fitur di tiga aplikasi tersebut bisa dimanfaatkan semua. Terdapat beberapa fitur lainnya yang harus dibeli untuk memaksimalkan kualitas video.

Prabu Wijaya, seorang mahasiswa jurusan film di Bogor mengatakan ada banyak keuntungan didapatkan jika menggunakan fitur premium.

"Iya beberapa filternya memang yang bagus ada yang dikunci, jadi mau nggak mau untuk memaksimalkan editing kita harus upgrade yang versi premiumnya. Tapi gue puas setelah pake premium beberapa filter yang harus pake laptop itu bisa tersedia di smartphone," kata Prabu, Sabtu (11/4/2020).

Dengan membeli versi premium dirinya tidak kesulitan untuk mendapatkan hasil editing yang bagus karena dari transisi, hingga efek-efek semua tersedia lengkap. Untuk membeli fitur premium tersebut, Prabu memanfaatkan pembayaran dengan kartu Debit BNI melalui Google Play Store.

"Gue sering pakai buat edit konten IG, tugas kampus juga, kalau beli full premium ya semua fiturnya kita dapat, jadi gak kesusahan ngedit. Gue upgrade dulu pake kartu Debit BNI mudah, aman," katanya.

Kartu Debit BNI adalah alat pembayaran elektronik yang dapat berfungsi sebagai pengganti uang tunai karena terafiliasi dengan rekening BNI Taplus Nasabah. Nasabah dapat membuka rekening BNI Taplus tanpa kartu yang bisa digunakan untuk berbelanja online. #BNItuDigital

(prf/ega)