Beda dari Zoom, Skype Rilis Fitur Video Conference Tanpa Registrasi

Beda dari Zoom, Skype Rilis Fitur Video Conference Tanpa Registrasi

Josina, Josina - detikInet
Minggu, 05 Apr 2020 18:04 WIB
Skype
Skype Rilis Konferensi Video Tanpa Registrasi. (Foto: Microsoft)
Jakarta -

Zoom saat ini menjadi layanan konferensi video yang paling banyak digunakan disaat pandemi virus corona melanda dunia. Namun aplikasi tersebut sedang diterpa soal keamanan data pengguna.

Seolah menjawab kegundahan pengguna, Skype pun merilis fitur yang dianggap aman karena diklaim tak memerlukan data pengguna.

Dilansir detikNET dari Tech Radar, fitur tersebut dinamai Meet Now. Fitur ini diklaim aman karena karena pengguna tak perlu repot log-in alias mendaftar akun, mengunduh ataupun menginstal aplikasi apapun sehingga pengguna pun tak perlu mengisi data pribadi.

Pengguna atau host (tuan rumah) yang memulai video conference bisa mengakses layanan tersebut tanpa harus daftar ataupun menginstall aplikasi apapun. Pengguna cukup mengunjungi halaman situs Skype dan untuk memulai rapat hanya melakukan beberapa klik saja sesuai dengan arahan situs tersebut.

Lalu bagi pengguna yang sudah memiliki aplikasi Skype di smartphone, pengguna dapat memulai konferensi dengan mengundang daftar kontak Skype yang diinginkan meski mereka yang tidak punya akun Skype.

Fitur Meet Now juga memungkinkan tautan undangan video conference yang dibagikan tidak kedaluwarsa, dan panggilan video tidak terbatas sesuai dengan fungsi yang disediakan.

Selain itu, terdapat fitur chat dan tombol reaksi, dan pengguna juga bisa memblur tampilan latar belakang yang berguna ketika pengguna malu memperlihatkan ruangannya yang berantakan saat rapat online dimulai.

Tambahan lainnya, pengguna dapat membagikan layar ketika video conference berlangsung untuk keperluan pekerjaan atau pengajaran bahkan juga dapat melakukan rekaman panggilan di mana rekaman akan disimpan dalam jangka waktu 30 hari.



Simak Video "Daftar Negara dan Lembaga yang Larang Penggunaan Zoom"
[Gambas:Video 20detik]
(/rns)