Apple Luncurkan Aplikasi Screening Virus Corona

Apple Luncurkan Aplikasi Screening Virus Corona

Virgina Maulita Putri - detikInet
Senin, 30 Mar 2020 11:46 WIB
aplikasi Apple untuk screening corona
Apple Luncurkan Aplikasi Screening Virus Corona (Foto: Apple)
Jakarta -

Apple baru saja meluncurkan aplikasi dan situs khusus untuk screening gejala virus corona. Layanan ini juga berisi informasi terbaru tentang pandemi COVID-19 dari sumber terpercaya.

Dikutip detikINET dari CNBC, Senin (30/3/2020) aplikasi bernama Apple COVID-19 ini diluncurkan pada Jumat lalu. Aplikasi tersebut bisa diunduh di App Store untuk pengguna iPhone dan iPad yang menjalankan iOS 13.1 ke atas.

Selain itu ada juga situs COVID-19 Screening Tool yang bisa diakses lewat perangkat Mac, Windows atau Android. Aplikasi dan situs ini dikembangkan Apple bersama Center for Disease Control and Prevention (CDC), Federal Emergency Management Agency (FEMA) dan Gedung Putih.

Aplikasi yang dikembangkan oleh divisi kesehatan Apple ini akan menanyakan beberapa pertanyaan tentang gejala yang dialami pengguna, riwayat perjalanan dan riwayat kontak dengan orang yang positif.

Setelah menyelesaikan proses screening, pengguna akan diarahkan menuju halaman yang berisi rekomendasi langkah selanjutnya, termasuk rekomendasi apakah perlu mengikuti tes COVID-19 atau tidak.

Jika hasil screening menunjukkan seseorang harus mengikuti tes, Apple tidak akan memberikan rekomendasi bisa mengikuti tes di mana. Layanan tersebut akan menyarankan pengguna untuk mencari informasi lebih lanjut tentang lokasi tes virus corona.

Hal ini kemungkinan dilakukan karena lokasi tes virus corona di Amerika Serikat masih sangat terbatas. Tapi Apple menganjurkan pengguna yang mengeluhkan gejala parah untuk segera menghubungi 911.

Aplikasi dan situs ini tidak membutuhkan pengguna untuk sign ini menggunakan Apple ID. Perusahaan yang berbasis di Cupertino, AS ini juga tidak mengumpulkan atau membagikan data yang mereka dapatkan dari layanan screening tersebut.

Selain aplikasi dan layanan ini, Apple sebelumnya telah menghadirkan fitur baru di Siri untuk melakukan screening gejala virus corona. Pengguna yang bertanya 'How do I know if I have coronavirus' kepada Siri akan diberikan beberapa pertanyaan dan diarahkan ke informasi dari CDC.

Apple juga bukan satu-satunya raksasa Silicon Valley yang membangun software dan sistem untuk menangani pandemi virus corona. Verily, perusahaan kesehatan saudara Google, baru-baru ini meluncurkan situs screening dan layanan tes drive-thru virus corona di California, AS.



Simak Video "Apple Sediakan Screening Gejala Virus Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)