Yuk Install Aplikasi PeduliLindungi, Bantu Cegah Meluasnya Corona

Yuk Install Aplikasi PeduliLindungi, Bantu Cegah Meluasnya Corona

Adi Fida Rahman - detikInet
Senin, 30 Mar 2020 09:04 WIB
PeduliLindungi
Aplikasi PeduliLindungi sudah tersedia di Play Store. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

Selain #JagaJarakDulu dan #DiRumahAja, kamu bisa berpartisipasi mengurangi penyebaran wabah virus corona di Tanah Air dengan menginstal aplikasi PeduliLindungi.

Aplikasi ini dikembangkan oleh developer lokal dan dipublikasi oleh PT Telkom Indonesia. PeduliLindungi diharapkan melindungi diri kamu dan keluarga, serta orang terdekat lainnya.

Selain itu bantu menghentikan penyebaran wabah virus corona dengan membagikan data lokasinya saat bepergian agar penelusuran riwayat kontak dengan penderita COVID-19 dapat dilakukan.

Saat ini aplikasi PeduliLindungi baru tersedia untuk perangkat Android. Kamu bisa mendownload di sini.

Setelah terinstal, kamu akan diminta memasukkan nama lengkap beserta nomor ponsel. Selanjutnya kamu akan menerima SMS OTP untuk melakukan verifikasi.

Untuk registrasi kamu cukup memasukan nama lengkap dan nomor ponsel.Untuk registrasi kamu cukup memasukan nama lengkap dan nomor ponsel. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

PeduliLindungi turut meminta akses Bluetooth serta lokasi, dan selalu mengaktifkannya. Lantaran itu, di layar utamanya ada anjuran untuk mengaktifkan fitur Low Power Mode atau Battery Saver.

Kamu pun diminta untuk mengajak keluarga dan teman berpartisipasi dengan share aplikasi PeduliLindungi. Terakhir, ada tombol Pelajari Lebih Lanjut tentang aplikasi ini.

Ketika menekannya ada sejumlah informasi yang tersedia, mulai dari bagaimana cara kerja aplikasi ini hingga tips mencegah penyebaran virus corona.

Tampilan aplikasi PeduliLindungiTampilan aplikasi PeduliLindungi Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Bicara cara menggunakan aplikasi ini, kamu tidak perlu melakukan apapun. Cukup biarkan aplikasi ini berjalan di ponselmu.

Mengacu pada penjelasan di website resminya, PeduliLindungi akan menggunakan data yang diproduksi oleh ponsel dengan mengaktifkan Bluetooth guna merekam informasi yang dibutuhkan. Ketika ada gadget lain dalam radius Bluetooth yang juga terdaftar di PeduliLindungi, maka akan terjadi pertukaran id anonim yang akan direkam oleh gadget masing-masing.

Sehingga ketika kamu pernah berada di tempat yang dekat dengan kasus COVID-19 positif, baik tahu ataupun tidak sosok orangnya, aplikasi ini membantu petugas kesehatan untuk menghubungi kamu lebih cepat. Dengan begitu akan lebih cepat menghentikan penularan COVID-19 pada orang-orang di sekitar.

Selanjutnya aplikasi ini akan mengidentifikasi orang- orang yang pernah berada dalam jarak dekat dengan orang yang dinyatakan positif COVID-19 atau PDP (Pasien Dalam Pengawasan) dan ODP (Orang Dalam Pengawasan). Hal tersebut bakal berguna ketika orang tersebut tidak dapat mengingat riwayat perjalanan dan dengan siapa saja dia melakukan kontak.

Kendati menghimpun data di ponsel, PeduliLindungi menjamin kerahasiaan pribadi kamu. Data disimpan aman dalam format terenkripsi dan tidak akan dibagikan kepada orang lain.

Data tersebut hanya akan diakses bila kamu dalam risiko tertular COVID-19 dan perlu segera dihubungi oleh petugas kesehatan.

Jadi yuk instal PeduliLindungi untuk berpartisipasi mengurangi menyebaran virus corona di Indonesia sekaligus melindungi orang yang kamu sayangi.



Simak Video "Menkominfo Minta Selebgram Ajak Followers Instal PeduliLindungi"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/afr)