Jumat, 20 Mar 2020 19:00 WIB

Instagram Uji Fitur Pesan Otomatis Hilang

Josina - detikInet
Ilustrasi Instagram Instagram Uji Fitur Hilangkan Pesan Otomatis. (Foto: Youtube)
Jakarta -

Instagram dikabarkan sedang menguji fitur baru di mana pengguna bisa menghapus pesan dalam waktu singkat. Fitur ini agaknya adalah kloningan salah satu fitur populer milik Snapchat, yakni ephemeral message.

Dengan fitur ini, maka pesan yang saling dikirim oleh pengguna akan secara otomatis menghilang dari layar si penerima setelah pesannya dilihat atau ditutup obrolannya.

Dilansir detikINET dari CNET, fitur yang belum dirilis itu pertama kali ditemukan oleh blogger teknologi Jane Manchun Wong pada sebuah kode di aplikasi Android dengan label emoji monyet 'speak no eil'

Dalam akun Twitter, Wong menampilkan bagaimana fitur tersebut bekerja. Jadi ketika pengguna Instagram mengaktifkan mode ini, ia akan diarahkan ke jendela obrolah mode gelap. Ketika jendela obrolan tersebut ditutup, pesan yang dikirim tersebut akan hilang.

Facebook sebagai induk perusahaan Instagram pun memberikan tanggapan terhadap penemuan Wong ini di Twitter.

"Kami selalu menjelajahi fitur baru untuk meningkatkan pengalaman pengguna dalam berkirim pesan. Fitur ini masih dalam tahap pengembangan awal dan belum diuji secara eksternal," tulis Instagram.

Kemampuan ephemeral begitu booming di berbagai media sosial. Saat itu Facebook pernah meluncurkan aplikasi pesan singkatnya sendiri untuk menyaingi Snapchat yang dinamai Slingshot. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk berbagi foto dan video dengan durasi baca singkat, namun setahun kemudian aplikasi ini dimatikan.

Pada tahun 2014 Snapchat dilaporkan menolak tawaran akuisisi Facebook senilai USD 3 miliar.

Twitter juga dikabarkan sedang menguji fitur ephemeral message pada bulan lalu yang memungkinkan pengguna dapat memposting teks, foto dan video dan akan hilang dalam waktu 24 jam. Fitur ini dimaksudkan untuk mendorong pengguna merasa lebih nyaman berbagai pemikiran mereka secara online.



Simak Video "Bikin Best Nine Instagram Sendiri Yuk!"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fay)