Sekolah Libur karena Corona, WeKiddo Tawarkan Belajar Lewat HP

Sekolah Libur karena Corona, WeKiddo Tawarkan Belajar Lewat HP

Agus Tri Haryanto - detikInet
Sabtu, 14 Mar 2020 14:11 WIB
Aplikasi WeKiddo pesaing Ruangguru soal belajar online.
Foto: WeKiddo
Jakarta -

Layanan belajar online di Indonesia kembali diramaikan dengan kehadiran WeKiddo. Menawarkan metode berbeda, layanan ini siap menyaingi Ruangguru, Quipper, Bahaso, hingga Zenius.

Berbeda dengan layanan sudah ada, WeKiddo disebutkan mampu 'memindahkan' kegiatan belajar di sekolah ke dalam smartphone. Lewat WeKiddo, guru dapat mengunggah semua materi pembelajaran ke smartphone yang dapat diakses oleh seluruh pelajar.

"Karena kegiatan belajar dilakukan di rumah, WeKiddo juga memberikan akses kepada orang tua untuk memantau seluruh kegiatan belajar-mengajar yang berjalan melalui smartphone," ujar CEO WeKiddo Ferry Irawan dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (14/3/2020).

Adanya WeKiddo ini bisa jadi jawaban bagi sekolah yang harus terpaksa diliburkan akibat dampak mewabahnya virus corona yang sekarang jadi sorotan.

Di dalamnya terdapat fitur yang dapat dimanfaatkan, seperti guru bisa memberikan tugas-tugas kepada peserta didik yang juga dapat dikerjakan oleh mereka di rumah.

Sekolah Libur karena Corona, WeKiddo Tawarkan Belajar Lewat HPFoto: WeKiddo

Di sisi lain, orang tua siswa pun memungkinkan melakukan monitoring secara online, mulai dari kehadiran anak sampai memantau nilai-nilai belajar sang buah hati. Begitu juga bisa mengetahui seluruh aktivitas siswa yang ada di sekolah melalui aplikasi.

Ferry mengatakan, aplikasi besutannya ini sebagai jembatan dan media interaksi antara sekolah, guru, siswa, dan orang tua yang diklaim mudah digunakan dan diakses. Menariknya untuk penggunaan aplikasi ini tidak akan dikenakan biaya alias gratis.

Saat ini, WeKiddo sudah dikenalkan dan dipakai 42 sekolah yang ada di Jakarta dan Bogor. SMK Negeri 2 Jakarta yang telah memanfaatkan aplikasi WeKiddo ini merasakan sejumlah manfaat yang dirasakan mereka.

"Dengan menggunakan aplikasi WeKiddo, komunikasi antara siswa, guru, dan orang tua siswa dapat terhubung dengan baik. Juga untuk monitoring kegiatan belajar siswa menjadi lebih mudah, serta untuk guru dapat lebih efektif dalam mengajar," tutur Kepala Sekolah SMK Negeri 2 Jakarta Murni Astuti.

Aplikasi belajar online WeKiddo.Aplikasi belajar online WeKiddo. Foto: WeKiddo

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta bidang SMK Waluyo Hadi mengatakan WeKiddo dinilai dapat membangun intensitas komunikasi antara pihak sekolah dengan orang tua siswa dan murid.

"Ini tentu output-nya akan menjadikan anak lebih baik dalam tumbuh kembang," kata Waluyo.



Simak Video "Nicholas Saputra Didapuk Jadi Duta Belajar Ruangguru"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/agt)