Instagram 'Bersih-bersih' Misinformasi Corona

Instagram 'Bersih-bersih' Misinformasi Corona

Agus Tri Haryanto - detikInet
Sabtu, 14 Mar 2020 14:31 WIB
Bangkok, Thailand - July 27, 2019 : Instagram user liking his own photo on Instagram.
Foto: iStock
Jakarta -

Instagram menyatakan komitmen untuk memerangi misinformasi terkait COVID-19 yang beredar di platform miliknya. Cara ini dilakukan Instagram agar penggunanya mendapatkan informasi yang akurat terkait virus corona.

Bahkan, media sosial berbagai foto dan video ini mengatakan telah menghapus berbagai misinformasi COVID-19. Selain itu, memblokir tagar yang dimanfaatkan untuk menyebarkan misinformasi tersebut ditangkalnya.

Instagram 'Bersih-bersih' Misinformasi CoronaFoto: Instagram

Sejak Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengumumkan bahwa COVID-19 sebagai darurat kesehatan global pada Januari lalu, Instagram mengklaim telah mengambil langkah untuk memastikan penyebaran informasi yang akurat terkait virus tersebut di Instagram, antara lain:

  • Instagram menghapus berbagai misinformasi terkait COVID-19. Ketika pengguna mengetuk tagar terkait COVID-19, Instagram akan mengarahkan pengguna untuk mencari informasi terkait COVID-19 di sumber-sumber terpercaya seperti @WHO, @CDC, dan otoritas kesehatan setempat.
  • Instagram bekerja sama dengan mitra pengecek fakta pihak ketiga untuk melakukan pengecekan informasi yang salah dan menandai informasi yang salah tersebut dengan label misinformasi.
  • Memblokir tagar yang digunakan untuk menyebarkan misinformasi terkait COVID-19.
  • Memblokir berbagai iklan yang mencoba memanfaatkan situasi.
  • Saat pengguna mencari informasi terkait COVID-19, Instagram akan menunjukkan akun organisasi kesehatan terpercaya di bagian atas pencarian tersebut untuk menghubungkan pengguna dengan sumber-sumber yang terpercaya.

Disampaikannya juga, Instagram secara bertahap mulai menampilkan informasi corona di beberapa negara, tentunya sumbernya berasal dari WHO dan Kementerian Kesehatan setempat di bagian atas feed untuk memudahkan pengguna menerima informasi tepat dan cepat.

Anak perusahaan Facebook ini pun menegaskan telah menghilangkan efek AR terkait COVID-19, kecuali efek itu diciptakan melalui kemitraan dengan organisasi kesehatan yang terpercaya.

Instagram 'Bersih-bersih' Misinformasi CoronaFoto: Instagram

"Hal ini merupakan bagian dari upaya berkelanjutan Instagram dalam menghubungkan pengguna dengan informasi yang terpercaya," kata Instagram dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (14/3/2020).

Dalam beberapa hari ke depan, Instagram akan meluncurkan stiker untuk mengapresiasi kepada para petugas kesehatan yang telah berjasa menjaga keselamatan masyarakat. Adapun sticker ini akan tersedia di galeri sticker Instagram.

(agt/afr)