Google Keep dan Cara Menggunakannya

Google Keep dan Cara Menggunakannya

Mega Wulandari - detikInet
Kamis, 12 Mar 2020 14:01 WIB
Google Keep
Google Keep. Foto: Istimewa
Jakarta -

Google telah meluncurkan aplikasi penulisan catatan termasuk teks, daftar, gambar ataupun audio yaitu Keep pada 20 Maret 2013. Selain tersedia di web, Google Keep juga tersedia di smartphone untuk Android maupun iOS. Aplikasi ini menjadi penting karena dapat mendukung produktivitas seseorang.

Saat ini (10/3) Google Keep telah diunduh lebih dari 500 juta pengguna Android di Play Store. Dikutip dari berbagai sumber, Google Keep memiliki fitur-fitur yang dapat membantu penggunanya.

Fitur-fitur Google Keep

1. Mengubah Foto Menjadi Catatan

Google Keep menghadirkan fitur mengubah teks yang ada di foto menjadi teks catatan dengan cara mengambil foto tersebut.

2. Membuat Pengingat

Fitur pengingat disematkan dalam aplikasi Google Keep yang terbagi menjadi dua yaitu pengingat berdasarkan waktu atau lokasi. Kalau kamu sudah selesai membuat catatan dan memasangkan pengingat lokasi, Google Keep akan memberikan notifikasi ketika sudah dekat dengan lokasi yang dimaksud. Kalau memasangkan pengingat waktu, kamu akan diberi notifikasi ketika waktunya tiba.

3. Buat Catatan dengan Suara

Salah satu fitur Google Keep yang dapat dirasakan pengguna adalah membuat catatan atau daftar kegiatan seperti belanja langsung menggunakan suara.

4. Mengelompokan Catatan dengan Label dan Warna

Mengelompokkan catatan berdasarkan label dapat memudahkan kamu dalam mencari catatan tersebut. Selain itu, kamu juga dapat mengelompokan catatan berdasarkan warna. Misal catatan dengan latar belakang biru untuk kegiatan kuliah atau sekolah lalu catatan dengan latar belakang merah untuk daftar tabungan.

5. Memindahkan Catatan Keep ke Dokumen

Kamu bisa mengirim catatan di Google Keep ke aplikasi lain seperti Gmail atau Drive. Dengan begitu kamu bisa dengan cepat membagikan atau memindahkan catatan tanpa harus melakukan copy paste.

Untuk menggunakan Google Keep, begini caranya:

  1. Untuk ponsel atau tablet Android, buka aplikasi Google Keep. Jika belum memiliki maka instal terlebih dahulu di Google Play Store
  2. Untuk iPhone atau iPad, buka aplikasi Google Keep. Jika belum memiliki maka instal terlebih dahulu di App Store.
  3. Di komputer, buka situs keep.google.com. Kemudian di bagian atas klik Buat Catatan.
  4. Kamu sudah bisa membuat, mengedit, mengatur dan mengarsipkan catatan. Kamu juga bisa membagikan catatan yang dibuat agar dapat dapat dilihat atau diedit orang lain.



Simak Video "Rating TikTok Anjlok Gegara Ulah Kreator India"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/erd)