Minggu, 08 Mar 2020 20:15 WIB

Waduh, Antutu Hilang dari Play Store

Anggoro Suryo Jati - detikInet
play store Foto: istimewa
Jakarta -

Tiga aplikasi uji sintetis populer Antutu tak lagi bisa ditemukan di Google Play Store. Apa penyebabnya?

Tampaknya ketiga aplikasi ini dihapus oleh Google karena terkait dengan developer Cheetah Mobile, yang belakangan ini aplikasinya sedang dirazia oleh Google, demikian dikutip detikINET dari Android Police, Senin (8/3/2020).

Antutu tampaknya dimiliki oleh Cheetah Mobile, dan Google sejak Februari lalu sudah mulai menghapus semua aplikasi milik developer asal China tersebut dari Play Store. Hal ini dilakukan karena Cheetah Mobile melakukan pelanggaran peraturan Play Store selama bertahun-tahun.

Dalam situs Antutu sebenarnya tak ada referensi yang mengkaitkan antara aplikasi itu dengan Cheetah Mobile. Namun dalam daftar database tercatat kalau chairman/manager Beijing Antutu Technologi Co. adalah orang yang sama dengan CEO Cheetah Mobile.

Ketiga aplikasi Antutu yang dimaksud adalah Antutu 3DBench, Antutu Benchmark, dan Altutu Benchmark. Menurut layanan analitik AppBrain, pembaruan terakhir untuk aplikasi benchmark tersebut muncul pada 13 Februari, dan sebelumnya diperbarui pada 7 Februari.

Tak jelas kapan ketiga aplikasi Antutu tersebut dihapus oleh Google, namun tercatat Antutu masih tersedia pada 22 Februari lalu.



Simak Video "Duh! WhatsApp Hilang dari Play Store"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)