Kamis, 05 Mar 2020 20:30 WIB

YouTube Go, Aplikasi Nonton Video yang Ramah Kuota

Mega Wulandari - detikInet
Ilustrasi Youtube YouTube Go. Foto: detikINET/Irna Prihandini
Jakarta -

YouTube Go adalah aplikasi streaming video versi ringan dari YouTube. Sudah rilis di Indonesia pada September 2017.

YouTube Go baru tersedia untuk pengguna Android dan dapat diunduh di Google Play Store. Aplikasi ini hadir untuk pengguna di daerah-daerah yang memiliki keterbatasan kuota, konektivitas, dan smartphone dengan OS rendah.

Dengan YouTube Go, pengguna dapat memaksimalkan nonton video favorit tanpa takut kehabisan kuota atau koneksi internet lambat. Sampai saat ini (5/3), YouTube Go telah diunduh di Google Play Store sebanyak 100 juta pengguna.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut kelebihan dan kekurangan dari aplikasi YouTube Go yang bisa kamu ketahui:

1. Aplikasi Ringan

YouTube Go adalah aplikasi yang ringan karena memiliki ukuran file sebesar 9,4-25 MB dengan fitur hampir sama dengan YouTube reguler.

2. Mengatur Data

Pengguna aplikasi ini dapat mengatur data agar tahu berapa banyak data yang digunakan untuk menonton video yang diinginkan.

3. Memiliki Fitur Preview

Bedanya dengan YouTube reguler, di aplikasi ini kamu bisa menyaksikan cuplikan video yang akan ditonton sehingga tidak membuang kuota secara percuma.

YouTube Go.YouTube Go. Foto: detikINET/Irna Prihandini

4. Nonton Video Secara Offline

Pengguna dapat mengunduh video di aplikasi Youtube Go dan menontonnya dikemudian hari dengan pilihan kualitas video mulai dari Basiq Quality (144p), Standart Qualty (360p), hingga High Quality (480p).

5. Dapat Mengirim Video

Pengguna aplikasi ini dapat mengirim video yang sudah diunduh dengan menggunakan koneksi Bluetooth. Sebelum mengunduh, Youtube Go akan memberitahu besar kapasitas penyimpanan yang tersedia di smartphone.

YouTube Go.YouTube Go. Foto: webchaat

6. Kualitas Gambar

Selain kelebihan yang sudah disebutkan di atas, YouTube Go memiliki kekurangan berupa kualitas gambar karena tujuan dari aplikasi ini adalah menghemat kuota. Kalau ukuran video yang kamu pilih kecil maka kualitas gambar yang akan kamu tonton pun tidak begitu jelas dan tidak baik.

7. Tidak Bisa Komen

Aplikasi ini tidak memiliki kolom komentar sehingga kamu tidak dapat mengomentari atau meninggalkan opini di video terkait.

8. Tidak Bisa Klik Profil

Jika kamu ingin melihat video lain dari channel yang kamu tonton atau ingin mengunjungi profilnya maka di aplikasi YouTube Go tidak dapat dilakukan. Kamu harus mencarinya di kolom pencarian.

YouTube Go, Aplikasi Nonton Video yang Ramah Kuota



Simak Video "Orang Kaya! Tasya Farasya Nggak Tahu Uang Seribu"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/erd)