Rabu, 04 Mar 2020 09:24 WIB

Huawei Uji Coba Aplikasi Pengganti Google Search

Virgina Maulita Putri - detikInet
Huawei Mate Xs Huawei Uji Coba Aplikasi Pengganti Google Search Foto: Sina Mobile
Jakarta -

Sejak masuk dalam daftar hitam yang ditetapkan pemerintah AS, Huawei kesulitan berbisnis dengan perusahaan yang berasal dari Negeri Paman Sam. Akibatnya mereka tidak bisa melisensi Google Mobile Service untuk ponsel barunya.

Huawei pun sudah mengembangkan beberapa layanannya sendiri sebagai alternatif dari layanan populer Google, misalnya AppGallery sebagai alternatif dari Google Play Store. Vendor ponsel asal China ini rupanya juga mengembangkan aplikasi alternatif untuk mesin pencari Google.

Dikutip detikINET dari XDA Developer, Selasa (3/3/2020) aplikasi tersebut dinamai Huawei Search. Kehadiran aplikasi ini pertama kali dilaporkan oleh pengguna Reddit /u/beingnull yang melihat Huawei sedang merekrut pengguna di Uni Emirat Arab untuk menjajal aplikasi tersebut.

Jurnalis Max Weinbach kemudian mencobanya dengan mengunduh APK yang ada di forum ke Huawei Mate 30 Pro miliknya. Ia melihat ada banyak perubahan yang menonjol dibanding aplikasi Google.

Huawei Search terlihat lebih basic dan sederhana dibanding Google App yang menggabungkan hasil pencarian dengan Google Assistant, Google Lens, Google Podcast dan lain-lain.

Tampilan aplikasi Huawei SearchTampilan aplikasi Huawei Search Foto: XDA Developer

Huawei Search hanya menampilkan hasil pencarian untuk halaman web, video, artikel berita atau gambar. Ada juga jalan pintas untuk memantau cuaca, kalkulator, konversi unit dan olahraga.

Di bagian Settings, pengguna bisa melihat histori pencarian atau mematikannya, memberikan feedback, mengubah region dan bahasa pencarian, mengaktifkan safe search atau mengubah cakupan pencarian. Aplikasi ini juga mendukung mode gelap di EMUI 10.

Agar penggunanya tidak khawatir tentang data pribadi mereka, operasional layanan ini ditangani oleh Aspiegel Limited, perusahaan subsidiary Huawei yang berlokasi di Irlandia.

Hal menarik lainnya dari aplikasi ini adalah hasil pencarian Huawei Search tidak cocok dengan pencarian dari Google, Yahoo, Bing, DuckDuckGo, Yandex, Ask, atau AOL. Jadi kemungkinan Huawei menggunakan mesin pencarinya sendiri dan bukan milik pihak ketiga karena ada ketentuan yang menuliskan pengguna bisa meminta hasil pencarian untuk di-delist.



Simak Video "Hadir dengan 'Kamera Monster', Berapa Harga Huawei P40?"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)