Facebook Lite Kebagian Dark Mode

Facebook Lite Kebagian Dark Mode

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Selasa, 18 Feb 2020 21:08 WIB
ilustrasi facebook
Foto: detikINET/Irna Prihandini
Jakarta -

Setelah banyak aplikasi di Android yang sudah kebagian mode gelap, akhirnya kini giliran Facebook yang mulai menerapkan dark mode di aplikasinya, namun baru pada aplikasi versi Lite-nya.

Ya, saat ini aplikasi utama Facebook memang belum mempunyai dark mode, padahal 'saudaranya' sudah mempunyai mode tersebut, seperti Instagram, Messenger, dan WhatsApp.

Namun kini setidaknya Facebook sudah mempunyai mode tersebut meski hanya pada versi Lite. Pada mode ini, Facebook Lite akan mempunyai warna tema gelap pada hampir seluruh aplikasinya, dari mulai feed, profile, sampai setting.

Facebook Lite Kebagian Dark ModeFoto: Dok. XDA Developers

Tombol untuk mengaktifkan mode gelap ini ada pada bagian pengaturan aplikasi. Namun yang perlu diingat, mode ini akan tersedia untuk pengguna secara bertahap, jadi tak semua penggunanya langsung bisa menikmati mode gelap tersebut.

Warna gelap yang dipakai di Facebook Lite ini bukan hitam melainkan abu-abu, sama seperti hampir semua mode gelap pada aplikasi buatan Google. Pilihan warna abu-abu ini membuat perangkat dengan layar OLED ataupun AMOLED tidak bisa mengambil keuntungan pada sisi konsumsi baterai.

Pasalnya pada panel tersebut, pixelnya akan tetap menyala jika menampilkan warna abu-abu, sementara pada warna hitam pixelnya akan mati dan bisa menghemat konsumsi daya baterai.

Facebook Lite adalah aplikasi Facebook yang fungsi utamanya tetap ada namun sejumlah fiturnya disunat serta animasi yang lebih sedikit. Aplikasi ini dibuat untuk ponsel dengan spesifikasi yang rendah agar tak memberatkan sistem.



Simak Video "Kebijakan Baru WhatsApp 'Paksa' Pengguna Bagikan Data ke Facebook"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)