Instagram Coba Fitur Anti-FOMO

Instagram Coba Fitur Anti-FOMO

Rachmatunnisa - detikInet
Minggu, 16 Feb 2020 09:54 WIB
Ilustrasi Instagram
Foto: Shutterstock
Jakarta -

Buat kalian yang sering fear of missing out (FOMO) alias takut ketinggalan hal-hal terbaru dari orang-orang yang kalian follow di Instagram, fitur ini mungkin akan membantu mengurangi FOMO kalian.

Dikutip dari Tech Crunch, Minggu (16/2/2020) Instagram diketahui sedang menjajal fungsi 'Latest Post' atau postingan terbaru supaya kalian tidak merasa ketinggalan. Fitur ini berupa pop up yang muncul di feed utama dan mengarahkan kita ke halaman yang menampilkan konten terbaru dari jejaring kita di Instagram.

Instagram Coba Fitur Anti-FOMOFoto: screenshot

Prototype ini ditemukan oleh blogger teknologi Jane Manchun Wong yang kemudian mengabadikannya dalam sejumlah screenshot. Apakah Instagram akan merilis fitur ini secara resmi? Sayangnya tidak.

Instagram mengonfirmasi bahwa timya memang menguji prototype tersebut secara internal. Adapun fungsi 'Latest Posts' ini lahir dari sebuah event hackaton yang digelar Instagram baru-baru ini, sehingga tidak tersedia secara publik.

"Ini adalah prototype awal dari hackaton kami. Tidak tersedia untuk publik, dan saat ini kami tidak punya rencana meluncurkannya," kata Instagram seperti dikutip dari Tech Crunch.

Fungsi semacam ini sebenarnya bukan sesuatu yang baru. Pada 2016, Instagram pernah mencoba menerapkan tampilan feed yang secara kronologis terbalik (dari postingan lama ke yang baru), sehingga orang tidak ketinggalan melihat postingan lama dari akun yang di-follownya.

Instagram Coba Fitur Anti-FOMOFoto: screenshot

Namun yang terjadi, cara ini memaksa semua pengguna untuk melakukan scrolling melalui feed algoritmik yang menurut Instagram akan kalian sukai. Hal ini sempat memicu reaksi protes dari para pengguna.

Beberapa pengguna berpikir mereka ketinggalan postingan yang ingin dilihat, ada pula yang menilai time stamp yang tertera pada sebuah postingan jadi membingungkan. Instagram sebelumnya juga berupaya memastikan pengguna melihat semua postingan orang-orang yang mereka follow dengan menyematkan 'You're All Caught Up' di feed.

Feed ini, jika discroll, akan mengantarkan kalian ke semua postingan yang dipublikasikan dalam 48 jam ke belakang. Bisa saja, 'Latest Posts' akan menjadi cara baru Instagram agar penggunanya selalu update.



Simak Video "Instagram Kembangkan Fitur Anti-FOMO"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/rns)