Selasa, 21 Jan 2020 09:30 WIB

Jarang Digunakan, Instagram Hilangkan Tombol IGTV di Aplikasinya

Virgina Maulita Putri - detikInet
Jarang Digunakan, Instagram Hilangkan Tombol IGTV di Aplikasinya Foto: detikINET/Agus Tri Haryanto
Jakarta - Instagram menghilangkan tombol jalan pintas IGTV dari aplikasi. Dihilangkannya tombol ini dikarenakan popularitasnya yang rendah dan jarang digunakan.

IGTV sendiri adalah layanan video berdurasi panjang (lebih dari satu menit) yang dikenalkan Instagram pada 2018 untuk menyaingi YouTube. Di aplikasi Instagram, tombol ini berada di sisi kanan atas, di samping tombol direct message.



"Sangat sedikit orang mengklik ikon IGTV di sudut kanan atas halaman depan aplikasi Instagram," kata juru bicara Instagram kepada TechCrunch, seperti dikutip detikINET, Selasa (21/1/2020).

"Kami selalu ingin membuat Instagram sesederhana mungkin, jadi kami menghapus ikon ini berdasarkan studi dan feedback dari komunitas kami," sambungnya.

Walau tombol ini dihilangkan, bukan berarti Instagram menghapus fitur IGTV secara keseluruhan. Kalian tetap bisa mengakses konten IGTV lewat feed utama, kanal IGTV di tab Explore, halaman profil kreator atau lewat aplikasi IGTV yang terpisah.

Tombol IGTV Dihilangkan InstagramTombol IGTV Dihilangkan Instagram Foto: TechCrunch


Oh ya, walau mungkin tidak banyak diketahui, IGTV ternyata memiliki aplikasinya tersendiri. Tapi sayangnya popularitasnya bisa dibilang seperti hidup segan mati tak mau.

Pasalnya, berdasarkan data Sensor Tower, aplikasi IGTV hanya diunduh sekitar satu juta kali di Amerika Serikat sejak diluncurkan pada musim panas 2018.



Sebagai pembanding, TikTok yang merupakan salah satu pesaing terbesar Instagram saat ini, telah diunduh 80 kali lebih banyak di wilayah yang sama dan dalam periode yang sama.

Instagram sepertinya telah mengalihkan fokusnya dan tidak lagi memprioritaskan IGTV sebagai layanan terpisah. Pada minggu lalu AdWeek melaporkan bahwa pengguna Instagram bisa mengunggah video IGTV lewat antarmuka yang sama dengan metode mengunggah video untuk feed utama.


Jarang Digunakan, Instagram Hilangkan Tombol IGTV di Aplikasinya


Simak Video "TikTok Tak Cemas Video dari Platform-nya Diunggah ke Medsos Lain"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)